Tautan-tautan Akses

Gedung Putih: Gagalnya KTT Trump-Kim 'Demi Lindungi Kepentingan AS'


Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton (kiri) saat mendampingi KTT kedua Trump-Kim di Hanoi, Vietnam Kamis (28/2) lalu.
Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton (kiri) saat mendampingi KTT kedua Trump-Kim di Hanoi, Vietnam Kamis (28/2) lalu.

Gedung Putih hari Minggu (3/3) mengatakan gagalnya perundingan puncak antara Presiden Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un minggu lalu adalah “demi melindungi kepentingan Amerika.”

Kata Penasihat Keamanan Nasional John Bolton kepada stasiun televisi CBS, Korea Utara telah kehilangan kesempatan baik untuk memperbaiki perekonomiannya dengan mengadakan denuklirisasi sepenuhnya, sesuai dengan yang dikehendaki Presiden Trump.

“Karena itu Presiden mempertahankan pandangannya dengan tegas,” kata Bolton, “dan saya tidak melihatnya sebagai kegagalan, karena yang penting adalah melindungi kepentingan Amerika.”

John Bolton mengatakan hal yang sama kepada stasiun televisi CNN bahwa “kita telah menunjukkan kepada Korea Utara keuntungan ekonomi yang akan diperolehnya kalau negara itu mau mengadakan denuklirisasi. Jadi, tambah Bolton lagi, “kalau kita tidak bisa mendapat perjanjian yang menguntungkan, lebih baik tidak ada perjanjian.”

Kata Bolton lagi, Amerika bersedia melanjutkan perundingan dengan Korea Utara pada tingkat yang lebih rendah, dan Presiden Trump juga bersedia bertemu lagi dengan Kim kalau kondisinya memungkinkan. (ii)

XS
SM
MD
LG