Tautan-tautan Akses

Gedung Putih: Trump Bisa Bertindak Sepihak untuk Cegah PHK di Maskapai AS


Maskapai AS, American Airlines akan mem-PHK 40 ribu karyawan karena krisis akibat pandemi Covid-19.
Maskapai AS, American Airlines akan mem-PHK 40 ribu karyawan karena krisis akibat pandemi Covid-19.

Presiden Donald Trump akan mengeluarkan keputusan untuk mencegah PHK besar-besaran di maskapai penerbangan Amerika, sementara pandemi virus corona membebani perjalanan udara dan pembicaraan tentang RUU stimulus COVID-19 baru macet di Kongres, kata Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows hari Rabu (26/8).

Meadows mengatakan dalam wawancara online dengan Politico, "Jika Kongres tidak mau berusaha, presiden akan bertindak dan menyelesaikan beberapa masalah. Jadi, mudah-mudahan, kami bisa membantu maskapai penerbangan dan mencegah sebagian karyawan itu dirumahkan."

Pernyataan Meadows itu keluar sehari setelah American Airlines mengatakan bulan Oktober mendatang, karyawannya akan berkurang 40.000, termasuk 19.000 yang di-PHK, kalau pemerintah tidak memperpanjang bantuannya.

Meadows mengatakan ia telah berbicara dengan American Airlines. Ia juga telah berbicara dengan United Airlines yang akan mem-PHK 36 ribu karyawan, dan dengan Delta Airlines, yang Senin lalu mengumumkan akan merumahkan sementara hampir 2.000 pilotnya.

"Jadi, kami telah mengangkat isu ini. Saya yakin CARES akan mengatasinya," kata Meadows, mengacu pada paket bantuan $3 triliun. Paket untuk mengatasi imbas pandemi virus corona itu disahkan Kongres awal tahun ini.[ka/ii]

XS
SM
MD
LG