Tautan-tautan Akses

Hadiah Nobel Ekonomi Dianugerahkan untuk Penelitian 'Mengapa Negara Berhasil atau Gagal'


Anggota Akademi Ilmu Pengetahuan dari Majelis Nobel di Riksbank Swedia mengumumkan pemenang hadiah Nobel bidang ekonomi: Daron Acemoglu, Simon Johnson dan James A. Robinson, dalam jumpa pers di Stockholm, 14 Oktober 2024.
Anggota Akademi Ilmu Pengetahuan dari Majelis Nobel di Riksbank Swedia mengumumkan pemenang hadiah Nobel bidang ekonomi: Daron Acemoglu, Simon Johnson dan James A. Robinson, dalam jumpa pers di Stockholm, 14 Oktober 2024.

Hadiah Nobel di bidang ekonomi dianugerahkan hari Senin (14/10) kepada Daron Acemoglu, Simon Johnson dan James A. Robinson untuk penelitian mengenai alasan mengapa beberapa negara berhasil dan yang lainnya gagal.

Hadiah Nobel di bidang ekonomi diberikan pada hari Senin kepada mereka untuk penelitian tentang perbedaan kemakmuran di antara negara-negara.

Ketiga ekonom tersebut “telah menunjukkan pentingnya lembaga-lembaga kemasyarakatan bagi kemakmuran suatu negara,” kata komite Nobel dari Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia dalam pengumumannya di Stockholm.

“Masyarakat dengan aturan hukum yang buruk dan lembaga-lembaga yang mengeksploitasi penduduk tidak akan menghasilkan pertumbuhan atau perubahan ke arah yang lebih baik. Penelitian para pemenang membantu kita memahami mengapa demikian,” tambahnya.

Acemoglu dan Johnson bekerja di Massachusetts Institute of Technology dan Robinson melakukan penelitiannya di University of Chicago.

“Mengurangi kesenjangan pendapatan yang sangat besar di antara -negara negara merupakan salah satu tantangan terbesar saat ini. Para pemenang telah menunjukkan pentingnya lembaga-lembaga masyarakat untuk mencapai hal ini,” kata Jakob Svensson, Ketua Komite Penghargaan dalam Ilmu Ekonomi.
Ia mengatakan bahwa penelitian mereka telah memberikan “pemahaman yang jauh lebih mendalam tentang akar penyebab mengapa suatu negara gagal atau berhasil.”

Dihubungi oleh pemberi penghargaan tersebut di Athena, Yunani, di mana ia akan berbicara di sebuah konferensi, Acemoglu mengatakan bahwa ia terkejut dan kaget dengan penghargaan tersebut. “Anda tidak pernah mengharapkan sesuatu seperti ini,” katanya.

Penghargaan ekonomi ini secara resmi dikenal sebagai Penghargaan Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk Mengenang Alfred Nobel. Bank sentral tersebut mendirikannya pada tahun 1968 untuk mengenang Nobel, pengusaha dan ahli kimia Swedia abad ke-19 yang menemukan dinamit dan mendirikan lima Hadiah Nobel.

Meskipun mereka yang mempertahankan tradisi Nobel menekankan bahwa penghargaan ekonomi secara teknis bukanlah Penghargaan Nobel, penghargaan ini selalu diberikan bersama dengan penghargaan lainnya pada tanggal 10 Desember, yaitu hari ulang tahun wafatnya Nobel pada tahun 1896. Penghargaan Nobel diumumkan minggu lalu untuk bidang kedokteran, fisika, kimia, sastra, dan perdamaian. [my/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG