Tautan-tautan Akses

Inggris Percepat Rencana Penanggulangan Banjir di London untuk Menangkal Risiko Perubahan Iklim


Seorang pria tampak menerjang banjir yang melanda London dengan sepedanya pada 28 April 2021. (Foto: Reuters/Toby Melville)
Seorang pria tampak menerjang banjir yang melanda London dengan sepedanya pada 28 April 2021. (Foto: Reuters/Toby Melville)

Inggris mempercepat rencana untuk melindungi kota London dari banjir yang disebabkan oleh suhu bumi yang menghangat dan naiknya permukaan air laut dengan memajukan rencana perlindungan terhadap kota tersebut maju 15 tahun lebih cepat.

London, yang terletak di bentangan pasang surut Sungai Thames, yang berjarak sekitar 80 kilometer dari laut, terlindung dari gelombang badai oleh penahan banjir selebar 520 meter yang dapat dipindahkan. Penahan banjir tersebut terpasang di sebelah timur kota itu, dan biasanya digunakan beberapa kali setiap tahunnya.

Pemerintah mengatakan dalam sebuah pernyataan, pihaknya sedang mempercepat program adaptasi iklim yang ada, dengan memajukan target untuk meningkatkan pertahanan di kota itu pada tahun 2050, bukan pada tahun 2065 seperti yang semula ditetapkan dalam dokumen tahun 2012.

"Permukaan laut naik lebih cepat di muara sungai Thames, maka penting bagi kita untuk bertindak sekarang, guna menanggapi perubahan iklim," kata Julie Foley, seorang pejabat di Badan Lingkungan yang mengembangkan rencana itu.

Naiknya permukaan laut, yang sebagian disebabkan oleh mencairnya gletser dan rekor suhu lautan, merupakan ancaman dunia yang menimbulkan risiko eksistensial bagi beberapa negara kepulauan dengan dataran rendah dan kota-kota pesisir.

Pada bulan April, Organisasi Meteorologi Dunia mengatakan permukaan laut dunia naik dua kali lipat lebih cepat dibandingkan dari satu dekade pertama pengukuran yang berlangsung pada 1993-2002 dan mencapai rekor tertinggi baru pada tahun lalu. [ps/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG