Tautan-tautan Akses

IOC: Kasus COVID Masih Tetap Rendah di Lingkungan Tertutup Olimpiade


Seorang anggota staf terlihat di tempat Olimpiade Beijing. (Foto: REUTERS/Toby Melville)
Seorang anggota staf terlihat di tempat Olimpiade Beijing. (Foto: REUTERS/Toby Melville)

Menjelang upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing, ketua panel pakar medis Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada Kamis (3/2) mengatakan ia yakin protokol COVID telah berjalan untuk membuat pesta olahraga itu berlangsung aman.

Berbicara dalam rapat IOC, Dr. Brian McCloskey, yang memimpin Panel Pakar Medis Beijing 2022, mengatakan, mereka telah mendeteksi 287 kasus positif COVID terkonfirmasi dari 600 ribu lebih tes yang dilakukan terhadap para pengunjung Olimpiade yang tiba.

“Jumlah yang kita lihat hari ini, total 287 terkonfirmasi positif, dan ingat, ini 287 dari 610 ribu lebih tes yang dilakukan hingga sekarang. Mayoritasnya, sekitar dua per tiga, masih kami temukan di bandara sesuai yang kami perkirakan. Ada 55 kasus baru pada hari terakhir, di mana 29 ditemukan di bandara dan 26 di lingkungan tertutup. Itu adalah angka-angka yang kecil,” kata McCloskey.

Ia mengatakan dalam rapat IOC di Beijing, ia merasa hal itu membuktikan bahwa protokol tes yang berlaku sekarang ini memadai untuk memastikan Olimpiade Musim Dingin dapat berlangsung tanpa ada wabah besar di dalam sistem lingkungan tertutup Olimpiade.

Tetapi ketua Komisi Koordinasi Beijing 2022 IOC Juan Antonio Samaranch mengatakan ia memahami kekhawatiran para atlet, yang mungkin melihat bahwa persiapan Olimpiade mereka selama bertahun-tahun dapat sia-sia jika hasil tes positif menghalangi mereka untuk bertanding. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG