Tautan-tautan Akses

Israel Minta Pendanaan untuk Badan Pengungsi Palestina Ditangguhkan


Anak-anak mengamati puing-puing bangunan yang dihancurkan oleh Israel dalam pengeboman di Rafah, Gaza, Sabtu, 27 Januari 2024. (Foto: AFP)
Anak-anak mengamati puing-puing bangunan yang dihancurkan oleh Israel dalam pengeboman di Rafah, Gaza, Sabtu, 27 Januari 2024. (Foto: AFP)

Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz menyerukan agar badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Palestina "diganti dengan badan-badan yang didedikasikan untuk perdamaian dan pembangunan sejati" setelah adanya tuduhan bahwa anggota stafnya terlibat dalam serangan teror Hamas pada 7 Oktober.

Dalam kiriman teks di media sosial, Katz mendesak agar negara-negara mengikuti jejak Amerika Serikat (AS), Australia, Kanada, Inggris, Italia, dan Finlandia dalam menghentikan pendanaan untuk Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (United Nations Relief and Works Agency/UNRWA).

Kantor Luar Negeri Inggris mengatakan pada Sabtu (27/1) bahwa pihaknya menghentikan sementara pendanaan untuk UNRWA pada saat tuduhan tersebut sedang ditelaah. Kemenlu Inggris juga mencatat bahwa London telah mengutuk serangan 7 Oktober sebagai terorisme yang “keji”

Amerika Serikat, Australia dan Kanada telah menghentikan pendanaan untuk badan bantuan tersebut setelah tuduhan Israel bahwa 12 pegawai UNRWA terlibat dalam serangan lintas batas tersebut. Badan pengungsi telah membuka penyelidikan terhadap beberapa karyawan setelah memutuskan hubungan dengan mereka.

Dibentuk untuk membantu pengungsi perang tahun 1948 saat berdirinya Israel, UNRWA menyediakan layanan pendidikan, kesehatan dan bantuan kepada warga Palestina di Gaza, Tepi Barat, Yordania, Suriah dan Lebanon. Bantuan ini membantu sekitar dua pertiga dari 2,3 juta penduduk Gaza dan telah memainkan peran bantuan yang penting selama perang saat ini.

Kementerian Luar Negeri Palestina mengkritik apa yang digambarkannya sebagai kampanye Israel melawan UNRWA, dan kelompok militan Hamas mengutuk pemutusan kontrak karyawan "berdasarkan informasi yang diperoleh dari musuh Zionis."

“Kami menyerukan kepada negara-negara yang mengumumkan penghentian dukungan mereka terhadap #UNRWA untuk segera membatalkan keputusan mereka, yang membawa risiko bantuan politik dan kemanusiaan yang besar, seperti saat ini dan mengingat agresi yang terus berlanjut terhadap rakyat Palestina,” Hussein al-Sheikh, sekretaris jenderal Organisasi Pembebasan Palestina mengatakan dalam postingan di X, sebelumnya Twitter, Sabtu (27/1).

Warga Palestina membawa karung-karung berisi tepung yang mereka ambil dari truk bantuan di dekat pos pemeriksaan Israel di tengah krisis kelaparan, di Kota Gaza, Sabtu, 27 Januari 2024. (Foto: Hossam Azam/Reuters)
Warga Palestina membawa karung-karung berisi tepung yang mereka ambil dari truk bantuan di dekat pos pemeriksaan Israel di tengah krisis kelaparan, di Kota Gaza, Sabtu, 27 Januari 2024. (Foto: Hossam Azam/Reuters)

Di Gaza

Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas mengatakan pada Sabtu bahwa 174 warga Palestina tewas dan 310 lainnya luka-luka dalam 24 jam terakhir. Setidaknya 26.257 orang telah tewas sejak awal konflik pada Oktober dan 64.797 orang terluka, kata kementerian tersebut.

Dalam serangan Hamas pada 7 Oktober, 1.200 orang terbunuh di Israel dan sekitar 240 orang disandera, menurut pihak berwenang Israel. Lebih dari 100 orang dibebaskan selama gencatan senjata pada November.

Sementara itu, serangan udara dan tembakan artileri Israel menghantam wilayah Khan Younis di selatan Gaza. Saksi mata mengatakan pada Sabtu bahwa tiga warga Palestina tewas dalam serangan udara. Militer Israel mengatakan serangan itu menargetkan seorang komandan Hamas di Gaza selatan.

Militer Israel mengatakan pihaknya menewaskan sedikitnya 11 pria bersenjata yang mencoba memasang bahan peledak di dekat tentara dan lainnya menembakkan senapan dan granat berpeluncur roket ke tentara di Khan Younis pada Sabtu. Sementara, selama seminggu terakhir, pasukan komandonya membunuh lebih dari 100 militan dan menyerbu senjata. gudang, katanya.

Hamas mengatakan para kombatannya menembakkan rudal antitank ke sebuah tank Israel di barat daya Khan Younis, sedangkan kelompok Jihad Islam Palestina – yang mendukung Hamas – mengatakan mereka menembakkan roket ke Israel dan berperang melawan pasukan Israel.

Warga mengatakan serangan besar-besaran Israel dan cuaca buruk menjadi pukulan berat bagi para pengungsi Palestina di Gaza, kata warga. Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan serangan Israel terjadi di dekat fasilitas medis terbesar yang berfungsi di selatan, Rumah Sakit Nasser, dan Rumah Sakit Al Amal, menewaskan satu orang.

Militer Israel mengatakan pihaknya melakukan kontak dengan direktur rumah sakit dan staf medis melalui telepon dan di lapangan untuk memastikan bahwa rumah sakit tersebut beroperasi dan dapat diakses.

Israel mengatakan Hamas beroperasi di dalam dan sekitar fasilitas medis, tuduhan yang dibantah oleh Hamas.

Beberapa informasi untuk laporan ini disediakan oleh The Associated Press, Agence France-Presse dan Reuters.

XS
SM
MD
LG