Tautan-tautan Akses

Israel Serang Bandara Aleppo, Tewaskan 7 Orang di Suriah


Serangan udara Israel membuat bandara internasional Aleppo tidak berfungsi (foto: ilustrasi).
Serangan udara Israel membuat bandara internasional Aleppo tidak berfungsi (foto: ilustrasi).

Serangan Israel di provinsi Aleppo, Suriah utara tadi malam menewaskan empat perwira Suriah dan tiga milisi yang didukung Iran, membuat bandara internasional daerah itu tidak berfungsi, demikian laporan dari sebuah pemantau perang hari Selasa (2/5).

Selama lebih dari 10 tahun perang di Suriah, Israel telah meluncurkan ratusan serangan udara di wilayah itu, terutama menarget pasukan yang didukung Iran dan milisi Hizbullah Lebanon, serta posisi-posisi tentara Suriah.

Badan Pengawas HAM Suriah mengatakan, rudal Israel menyasarkan "daerah bandara internasional Aleppo dan lapangan terbang militer Nayrab" di dekatnya Senin malam. Ledakan di kedua fasilitas itu dilaporkan dan "kerusakan parah" terjadi.

Rudal-rudal Israel juga menghantam pabrik milik angkatan udara Suriah di daerah Safireh di provinsi Aleppo, "menyebabkan kerusakan material yang luas", katanya, ditambahkan lokasi tersebut digunakan oleh milisi pro-Iran.

Milisi yang didukung Iran berpengaruh besar di wilayah Aleppo setelah memberi dukungan darat yang penting kepada tentara dalam merebut kembali wilayah kota yang dikuasai pemberontak pada tahun 2016. [ps/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG