Tautan-tautan Akses

Jembatan Penting AS-Kanada Dibuka Kembali, sementara Protes Berlanjut


Pengemudi truk dan pendukung memblokir akses ke Jembatan Ambassador, yang menghubungkan Detroit dan Windsor, sebagai protes terhadap mandat vaksin COVID-19, di Windsor, Ontario, Kanada 12 Februari 2022. (Foto: REUTERS/Carlos Osorio)
Pengemudi truk dan pendukung memblokir akses ke Jembatan Ambassador, yang menghubungkan Detroit dan Windsor, sebagai protes terhadap mandat vaksin COVID-19, di Windsor, Ontario, Kanada 12 Februari 2022. (Foto: REUTERS/Carlos Osorio)

Penyeberangan perbatasan tersibuk antara AS dan Kanada telah dibuka kembali pada Minggu (13/2) malam. Protes-protes menentang pembatasan terkait COVID-19 telah menutup perbatasan itu selama hampir sepekan, sementara para pejabat Kanada menahan diri untuk tidak melakukan tindakan keras terhadap protes yang lebih besar di ibu kota, Ottawa.

Protes di Ottawa berlanjut sementara penduduk kota itu mulai marah karena ketidakmampuan pihak berwenang untuk mengamankan jalan-jalan yang dikuasai demonstran.

Demonstrasi menentang pembatasan virus dan masalah-masalah lain telah menghambat beberapa penyeberangan di perbatasan AS-Kanada dan merugikan ekonomi kedua negara.

Detroit International Bridge Co. dalam sebuah pernyataan mengemukakan bahwa Ambassador Bridge kini buka sepenuhnya sehingga memungkinkan arus perdagangan kembali bebas antara ekonomi Kanada dan AS.” Esther Jentzen, juru bicara perusahaan, mengatakan dalam SMS selanjutnya kepada Associated Press bahwa jembatan itu dibuka lagi untuk lalu lintas pada pukul 23.00 waktu setempat.

Jembatan itu biasanya dilalui 25 persen dari seluruh perdagangan antara kedua negara. Blokade di sisi Kanada telah mengganggu bisnis di kedua negara, dengan produsen mobil terpaksa menutup beberapa pabrik perakitan.

Polisi di Windsor, Ontario, sebelumnya mengatakan bahwa lebih dari dua lusin orang telah ditangkap secara baik-baik, tujuh kendaraan diderek dan lima disita sewaktu petugas membersihkan demonstran terakhir dari dekat jembatan yang menghubungkan kota itu, dan banyak pabrik otomotif Kanada, dengan Detroit.

Sementara itu protes di Ottawa telah melumpuhkan pusat kota, membuat marah warga yang muak dengan kelambanan polisi dalam bertindak dan meningkatkan tekanan terhadap PM Justin Trudeau, yang memimpin rapat Kabinet pada Minggu malam.

Demonstrasi itu bergema di berbagai penjuru Kanada dan di luar negara itu, dengan konvoi yang melakukan aksi serupa di Prancis, Selandia Baru dan Belanda. Departemen Keamanan Dalam Negeri memperingatkan bahwa konvoi truk-truk mungkin sedang direncanakan di AS.

Ambassador Bridge masih tetap tutup hampir sepanjang hari meskipun protes telah bubar, karena badai salju lebat menyelimuti daerah itu.

Wali Kota Windsor Drew Dilkens mengatakan jembatan itu akan buka begitu pihak berwenang menyatakan hal tersebut aman dilakukan. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG