Tautan-tautan Akses

Jihadis Culik Pekerja Bantuan dan Pejabat Lokal di Nigeria


Mobil milik kelompok militan ISIS Afrika Barat (ISWAP) di Baga, 2 Agustus 2019. (Foto: AFP)
Mobil milik kelompok militan ISIS Afrika Barat (ISWAP) di Baga, 2 Agustus 2019. (Foto: AFP)

Dua pejabat keamanan Nigeria, Rabu (2/12), mengatakan seorang pekerja bantuan kemanusiaan dan dua pejabat lokal telah diculik oleh kelompok ISIS Provinsi Afrika Barat ISWAP di kawasan konflik di timur laut Nigeria.

Beberapa sumber keamanan mengatakan pada kantor berita Perancis AFP, bahwa ketiga korban diculik kelompok jihadis itu pada Senin (30/11) di sebuah pos pemeriksaan keamanan di Desa Wakilti di negara bagian Borno. Ini merupakan insiden terbaru di kawasan yang telah dilanda pemberontakan selama lebih dari sepuluh tahun.

“Para sandera mencakup dua pejabat lokal dan seorang pekerja bantuan, tetapi belum jelas ia bekerja untuk organisasi apa,” ujar seorang sumber keamanan itu.

Dua pejabat lokal itu baru kembali ke Ibu Kota Maiduguri dari Kota Mobbar, di mana mereka melangsungkan pemilu lokal akhir pekan lalu.

Lima pekerja bantuan kemanusiaan tewas Juni lalu, beberapa hari setelah diculik oleh ISWAP. Kawasan di sekitar Danau Chad adalah kubu utama kelompok itu.

Pemilu lokal di negara bagian Borno itu baru pertama kali dilangsungkan sejak Boko Haram memulai pemberontakan pada 2009.

Lebih dari 36 ribu orang tewas dan dua juta lainnya mengungsi ke tempat yang lebih amat akibat pertumpahan darah di kawasan itu.

Tahun 2016 lalu Boko Haram pecah mejadi dua kelompok, ISWAP yang berafiliasi dengan ISIS dan satu kelompok lain yang setia pada pemimpin bersejarah Abubakar Shekau.

PBB mengatakan aksi kekerasan yang menelan paling banyak korban jiwa terjadi pada 28 November ketika para pemberontak Boko Haram membunuh 76 petani di sawah yang terletak tidak jauh dari Maiduguri, di mana sebagian korban telah digorok. [em/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG