Tautan-tautan Akses

Menlu Perancis: Rusia Hadapi Sanksi jika Navalny Meninggal


Menteri Luar Negeri Perancis Jean-Yves Le Drian
Menteri Luar Negeri Perancis Jean-Yves Le Drian

Menteri Luar Negeri Perancis Jean-Yves Le Drian Kamis (22/4) mengatakan bahwa Rusia dan Presiden Vladimir Putin akan menghadapi sanksi jika pemimpin oposisi Alexey Navalny meninggal.

Berbicara kepada televisi France 2, Le Drian mengatakan, “Kami akan mengenakan sanksi yang diperlukan dan itu akan menjadi tanggung jawab Putin dan pihak berwenang Rusia. Saya harap kami tidak akan bertindak ekstrem.”

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan menyampaikan komentar serupa kepada CNN Sunday. Dia memperingatkan akan adanya “konsekuensi” jika Navalny sampai meninggal.

Navalny ditangkap pada Januari lalu setelah kembali ke Rusia dari Jerman di mana dia menghabiskan lima bulan untuk memulihkan diri dari keracunan zat saraf. Navalny menuduh pemerintah Rusia melakukan serangan itu, sementara para pejabat Rusia membantah tuduhan tersebut.

Pemimpin oposisi yang sering mengkritik Putin itu telah mengalami penurunan kesehatan sejak melakukan mogok makan tiga minggu lalu.

Para pendukungnya turun ke jalan dan menyerukan pembebasannya.

Polisi menangkap lebih dari 1.700 pengunjuk rasa pada hari Rabu (21/4) ketika demonstrasi berlangsung di puluhan kota di Rusia. [lt/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG