Tautan-tautan Akses

Militer Yordania Baku Tembak dengan Penyelundup Suriah, 27 Orang Tewas


Tentara Yordania berpatroli di dekat kota Nasib, perbatasan antara Suriah dan Yordania, 2 Juli 2018. (Ilustrasi).
Tentara Yordania berpatroli di dekat kota Nasib, perbatasan antara Suriah dan Yordania, 2 Juli 2018. (Ilustrasi).

Militer Yordania mengatakan, Kamis (27/1), pasukannya telah menewaskan 27 tersangka penyelundup yang mencoba memasuki negara itu dari negara tetangga Suriah.

Laporan di situs web militer mengatakan, mereka telah menggagalkan beberapa upaya yang diduga untuk menyelundupkan narkoba ke Yordania dari Suriah. Menurut situs tersebut, sejumlah besar narkoba disita dalam beberapa aksi penggerebekan terpisah yang juga menyebabkan beberapa orang terluka.

Militer Yordania mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengambil tindakan keras dengan kekuatan besar dan ketegasan terhadap usaha-usaha penyusupan atau penyelundupan demi melindungi perbatasan-perbatasannya.

Sebelumnya bulan ini, militer mengatakan seorang anggotanya tewas dalam baku tembak dengan penyelundup di wilayah perbatasan dengan Suriah.

Yordania menampung lebih dari 650.000 pengungsi Suriah yang melarikan diri dari perang saudara yang telah berkecamuk di sana selama lebih dari satu dekade.

September lalu, pejabat Suriah dan Yordania membahas masalah keamanan perbatasan setelah pasukan pemerintah Suriah merebut daerah yang dikuasai pemberontak di sepanjang perbatasan Yordania.

Sebulan kemudian, Raja Yordania Abdullah II berbicara dengan Presiden Suriah Bashar Assad untuk pertama kalinya dalam satu dekade setelah kedua negara membuka kembali sebuah pintu utama perbatasan kedua negara. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG