Tautan-tautan Akses

Obama akan Tekan BP Pertanggungjawabkan Kebocoran Minyak


Obama akan menekan para eksekutif British Petroleum untuk membuka rekening khusus guna membayar klaim ganti rugi.

Presiden Amerika Barack Obama akan menekan para eksekutif BP pekan ini untuk membuka rekening khusus guna membayar klaim ganti rugi untuk mereka yang terimbas dampak tumpahan minyak besar-besaran di Teluk Meksiko.

Saat berbicara pada acara 'Meet the Press' di stasiun televisi NBC, penasihat Gedung Putih David Axelrod mengatakan presiden berencana menyampaikan pidato kenegaraan hari Selasa, setelah ia kembali dari lawatan ke-empatnya ke kawasan Teluk setelah kebocoran terjadi. Axelrod mengatakan Obama juga akan mengadakan pertemuan lain di Gedung Putih dengan para eksekutif BP pekan ini.

Penasihat presiden itu mengatakan, krisis di Teluk masih berlangsung dan mirip seperti epidemi. Ia mengatakan misi presiden adalah membuat BP bertanggungjawab dengan cara yang tepat.

Raksasa energi Inggris itu terus menghadapi tekanan untuk berbuat lebih banyak guna mengatasi kebocoran minyak, yang menurut para ilmuwan menumpahkan sekitar 40 ribu barel minyak ke laut setiap hari.

Sensor-sensor bawah laut sedang dipasang dekat sumur minyak yang bocor di dasar laut di Teluk Meksiko untuk mengukur secara lebih pasti berapa banyak minyak yang terhambur kelaut. Komandan pasukan Penjaga Pantai Amerika, Laksamana Thad Allen mengatakan, sensor-sensor itu akan mengadakan pengukuran secara terpisah supaya bisa ditentukan tingkat kebocoran yang pasti.

XS
SM
MD
LG