Tautan-tautan Akses

Pasar Saham Anjlok, Trump Salahkan Saudi-Rusia dan Media


Presiden AS Donald Trump berbicara di Gedung Putih, Senin (9/3).
Presiden AS Donald Trump berbicara di Gedung Putih, Senin (9/3).

Seiring bursa saham yang anjlok di tengah perang harga minyak dan krisis virus corona, Presiden Amerika Donald Trump Senin (9/3) sore bertemu penasihat ekonominya, termasuk Menteri Keuangan Steven Mnuchin, yang memberinya opsi kebijakan untuk menghadapi ancaman terhadap perekonomian.

Opsi itu mencakup cuti sakit dan bantuan darurat bagi usaha kecil.

Sementara saham rata-rata industri Dow Jones anjlok lebih dari 2000 poin dalam perdagangan Senin pagi, Trump menulis di Twitter, menyalahkan penurunan bursa saham akibat perselisihan Arab Saudi dan Rusia mengenai harga dan pasokan minyak.

"Itu, dan Fake News (sebutan Trump untuk media-media yang dinilainya menyebarkan berita bohong, adalah penyebab anjloknya pasar saham," tulis Trump.

Trump mengatakan penurunan besar harga minyak akan baik bagi konsumen karena harga bensin akan lebih murah. Trump juga menepiskan ketakutan orang Amerika akan virus baru corona. Menurut presiden, jumlah kematian di Amerika akibat penyakit baru itu sangat kecil dibandingkan puluhan ribu orang yang meninggal setiap tahun akibat influenza musiman.

Gedung Putih membantah laporan mereka mengeluarkan pedoman resmi kepada staf yang memerintahkan mereka agar membatasi interaksi dan pertemuan secara langsung. [ka/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG