Tautan-tautan Akses

Pemimpin Korut Kim Jong Un Lakukan Kunjungan Resmi ke China


Sebuah layar televisi di Beijing memberitakan pertemuan antara Presiden China Xi Jingping dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Selasa (19/6).
Sebuah layar televisi di Beijing memberitakan pertemuan antara Presiden China Xi Jingping dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Selasa (19/6).

Presiden China Xi Jingping telah menyambut pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada hari pertama kunjungan dua hari Kim ke Beijing, di mana dia diperkirakan akan membahas KTT yang diadakannya minggu lalu dengan Presiden AS Donald Trump.

Televisi pemerintah menunjukkan Xi menyambut Kim di Balai Besar Rakyat Beijing. Media pemerintah China mengumumkan kunjungan Kim itu pada hari sebelumnya – melanggar protokol yang biasa dilakukan untuk menahan informasi kunjungan itu setelah Kim meninggalkan Beijing, seperti dalam dua kunjungan Kim sebelumnya tahun ini.

Keamanan sangat ketat terlihat di ibukota China itu, termasuk di jalan-jalan menuju Wisma Negara Diaoyutai, di mana para pejabat senior China bertemu dengan para tamu negara dan di mana Kim menginap dalam kunjungan-kunjungan sebelumnya awal tahun ini.

Juru bicara Departemen Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan kepada para wartawan bahwa Beijing berharap kunjungan Kim itu akan memperkuat komunikasi bilateral mengenai isu-isu utama untuk “menggalakkan perdamaian dan stabilitas regional.”

KTT minggu lalu antara Kim dan Trump itu adalah yang pertama antara pemimpin Korea Utara dan presiden Amerika Serikat. Kedua pemimpin sepakat bahwa Korea Utara akan bekerja menuju denuklirisasi menyeluruh di semenanjung Korea. Amerika mengumumkan akan menangguhkan latihan militer Korea Selatan-Amerika yang telah membuat marah Pyongyang. [lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG