Tautan-tautan Akses

Penangkapan Tersangka Bukti Operasi Teroris Masih Berlanjut


Ilustrasi - Detasemen Anti-teror di Nayu Nusukan Solo Timur, melakukan penggeledahan rumah seorang tersangka teroris, berinisial JND, yang ditangkap, Senin, 18 November 2019. (Foto: VOA / Yudha)
Ilustrasi - Detasemen Anti-teror di Nayu Nusukan Solo Timur, melakukan penggeledahan rumah seorang tersangka teroris, berinisial JND, yang ditangkap, Senin, 18 November 2019. (Foto: VOA / Yudha)

Banyaknya jumlah tersangka teroris yang ditangkap di berbagai daerah di Indonesia akhir-akhir ini mengejutkan publik. Hal ini menyadarkan bahwa jaringan teroris ternyata tetap beroperasi di bawah tanah, bahkan memperluas pengaruh dengan merekrut anggota baru.

Masih terus beroperasinya kelompok-kelompok teroris di Indonesia, yang bahkan piawai menyusup ke semua kalangan masyarakat ini diungkapkan mantan anggota Al-Jamaah Al-Islamiyah (JI) Mohammad Nasir Bin Abas, dalam diskusi “Strategi Penanggulangan Terorisme dan Radikalisme,” Senin (4/4) malam.

“Dulu, para pengamat atau para akademisi bilang, faktor pendorong orang melakukan aksi teror akibat kemiskinan, atau akibat kurang pendidikan, atau ada yang mengatakan mereka orang dari daerah pedesaan, kurang informasi. Ternyata polisi mengungkap, semua level, semua kalangan, semua latar belakang ada, orang kaya ada, orang yang berpendidikan juga ada yang ditangkap,” kata Nasir Abas.

Lebih jauh Nasir Abas mengatakan sebagian besar masyarakat seringkali tidak menyadari operasi yang dilakukan teroris karena beragamnya strategi yang dilakukan dengan sangat halus. Ia mencontohkan modus penggalangan dana melalui kotak amal, guna menarik simpati dan dukungan masyarakat dengan dalih aksi sosial kemanusiaan pada satu isu.

Mohammad Nasir Bin Abas, mantan anggota Al-Jamaah Al-Islamiyah (JI) (VOA)
Mohammad Nasir Bin Abas, mantan anggota Al-Jamaah Al-Islamiyah (JI) (VOA)

“Misalkan contoh, kita hadir dalam suatu acara kelas, atau disebut sebagai pengajian, atau kajian, lalu mereka menyebarkan kotak-kotak amal, dan apakah kita tahu bahwa ternyata kota amal itu digunakan untuk mendanai kelompok mereka. Apalagi kemudian polisi mengungkap, diantara anggota JI yang ditangkap, menyebut atau menjelaskan salah satu sumber dana mereka adalah kotak amal yang disebarkan di restoran, di Mushola, di Masjid, dan kemudian itu dipakai untuk kegiatan dan gerakan mereka,” papar Nasir Abas.

Diwawancarai secara terpisah, guru besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Surabaya, Ahmad Zainul Hamdi menyoroti kelompok pengajian eksklusif dan sikap atau pernyataan yang bernuansa intoleran terhadap kelompok atau agama lain. Ia mengatakan kelompok eksklusif dan intoleran, terlebih yang sangat populer, kerap menjadi pintu masuk bagi rekrutmen dan penyebaran paham radikalisme maupun terorisme.

Penangkapan Tersangka Bukti Operasi Teroris Masih Berlanjut
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:41 0:00

“Yang harus diwaspadai, dipertegas sejak awal, itu adalah keterlibatan orang-orang dalam kelompok-kelompok pengajian, yang itu mengajarkan cara keberagamaan (beragama) yang eksklusif, yang intoleran. Karena beberapa kelompok termasuk kelompok-kelompok yang terlibat jaringan terorisme, memulai masuknya lewat ini. Sekali pun tidak semua pengajian yang eksklusif dan intoleran pasti berujung ke terorisme ya, tapi pengajian kelompok-kelompok terorisme yang itu masuk melalui pengajian-pengajian, itu pasti adalah pengajian-pengajian yang eksklusif dan intoleran ajaran-ajarannya,” ujarnya.

Sementara Nasir Abas menyerukan kewaspadaan masuknya paham radikalisme dan terorisme di kalangan pemerintah dan aparat keamanan. Tanpa mengesampingkan urgensi kebebasan berpendapat dan berbicara, ia mengajak publik mewaspadai tokoh atau pemengaruh yang senantiasa berbicara keras mendorong perubahan sistem atau bahkan melawan pemerintah. [pr/em]

Recommended

XS
SM
MD
LG