Tautan-tautan Akses

Pendaki Gunung Austria Tewas di Pakistan


Ultar Sar (Foto: Brian McMorrow)
Ultar Sar (Foto: Brian McMorrow)

Para pejabat militer Pakistan Minggu (1/7) mengukuhkan bahwa salju longsor telah menewaskan seorang pendaki gunung asal Austria, sedangkan dua warga Inggris rekannya berhasil ditemukan hidup-hidup dalam sebuah misi penyelamatan oleh helikopter.

Seorang juru bicara militer mengatakan, warga negara Austria Christian Huber, beserta rekan-rekannya yang warga Inggris Bruce Normand dan Miller Timothy, terjebak longsoran salju di puncak Ultar Sar yang ketinggiannya 7.388 meter, di dekat Lembah Hunza di kawasan pegunungan Karakoram.

Mayjen Asif Ghafoor menulis cuitan bahwa suatu “misi berani” oleh pilot-pilot militer berhasil menyelamatkan Normand dan Timothy, namun “Christian Huber dari Austria telah meninggal karena salju longsor.”

Ketiga pendaki itu sedang tidur di tenda mereka ketika salju longsor menimpa mereka, sebut surat kabar DAWN.

Komisaris Tinggi Inggris untuk Pakistan Thomas Drew memuji upaya-upaya penyelamatan oleh militer Pakistan. “Penyelamatan yang luar biasa dan berbahaya. Terima kasih kami kepada pilot-pilot Angkatan Darat Pakistan yang menyelamatkan dua pendaki gunung Inggris yang terperangkap longsoran salju di Puncak Ultar Sar di dekat Hunza. Doa kami bagi pendaki Austria rekan mereka yang tidak terselamatkan dari longsoran salju itu,” demikian cuit Drew.

Kawasan Gilgit Baltistan di bagian utara Pakistan, di mana Ultar Sar berada, merupakan lokasi lima gunung dengan ketinggian melebihi 8.000 meter, termasuk di antaranya gunung tertinggi ke-dua di dunia, yang dikenal sebagai K-2, dan lebih dari 100 gunung lainnya yang berketinggian di atas 7.000 meter. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG