Tautan-tautan Akses

Penjualan Rumah Baru di AS Melambat Bulan Lalu 


Tanda dijual tampak di luar sebuah rumah di kota Englewood, Colorado (foto: dok).
Tanda dijual tampak di luar sebuah rumah di kota Englewood, Colorado (foto: dok).

Penjualan rumah-rumah baru di AS pada bulan Agustus melamban sedikit dari perkiraan, menurut data pemerintah yang dirilis hari Rabu, dengan bunga kredit rumah yang lebih rendah berpotensi mendorong pasar ke depannya.

Penjualan rumah-rumah baru single house (bukan rumah dempet) tercatat 716.000 pada tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman. Angka itu lebih rendah dari angka yang diubah pada Juli, sebesar 751.000, menurut data Departemen Perdagangan AS.

Namun jumlah itu di atas perkiraan konsensus yang diterbitkan oleh Briefing.com, yaitu 695.000.

Meskipun pasar properti terpukul setelah Bank Sentral menaikkan suku bunga utama dengan cepat untuk meredakan inflasi, penjualan rumah baru tertolong oleh pasokan yang terbatas.

Dengan bunga KPR yang jauh lebih tinggi, pemilik rumah enggan menjual rumah mereka, sehingga mendorong pembeli masuk ke pasar untuk membeli rumah yang baru dibangun.

Namun bulan ini Bank Sentral menurunkan suku bunga untuk pertama kali sejak tahun 2020, dan bunga KPR turun di tengah harapan penurunan yang ditunggu itu. Hal itu nantinya dapat meningkatkan pasar penjualan rumah.

Dibandingkan Agustus 2023, tingkat penjualan rumah baru pada Agustus tahun ini lebih tinggi 9,8 persen.

Harga penjualan tumah rata-rata $420,600, sedikit lebih rendah dibandingkan bulan Juli, menurut laporan tersebut.

Pada pekan lalu, KPR 30 tahun dengan bunga yang tetap, rata-rata 6.1 persen, turun dari sekitar 6.5 persen pada bulan sebelumnya, menurut perusahaan keuangan Freddie Mac. [ps/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG