Tautan-tautan Akses

Pentagon akan Beri Bantuan Ukraina untuk Perkuat Militer


Menhan AS Jim Mattis (kanan) ketika menerima kunjungan Menhan Ukraina Stepan Poltorak di Pentagon, 2 Februari 2018 lalu.
Menhan AS Jim Mattis (kanan) ketika menerima kunjungan Menhan Ukraina Stepan Poltorak di Pentagon, 2 Februari 2018 lalu.

Departemen Pertahanan Amerika (Pentagon) hari Jumat (20/7) mengumumkan akan memberi bantuan 200 juta dolar kepada Ukraina untuk memperkuat militer negara itu.

Bantuan akan digunakan untuk latihan, perlengkapan dan penasihat militer. Semua bantuan militer itu tidak bersifat membunuh. Waktu bagi penyerahan bantuan masih akan ditentukan kemudian, kata Pentagon.

Bantuan militer terbaru itu membuat bantuan Amerika di sektor keamanan kepada Ukraina menjadi lebih dari 1 miliar dolar sejak tahun 2014 ketika Rusia menganeksasi Krimea.

Ukraina sedang berusaha membuat Angkatan Bersenjatanya sesuai dengan anggota lain persekutuan NATO.

Reformasi ini diharapkan dapat menunjang kemampuan negara itu untuk mempertahankan keutuhan wilayahnya dan menjamin keamanan Ukraina yang demokratis, kata Pentagon.

Bantuan baru itu diberi pada saat timbul perdebatan politis mengenai hubungan Amerika-Rusia seusai pembicraan Helsinki antara Presiden Trump dan Presiden Vladimir Putin. [al]

XS
SM
MD
LG