Tautan-tautan Akses

Perayaan Hubungan Budaya warnai Kunjungan PM India ke AS 


Perdana Menteri India Narendra Modi tampak dalam layar saat memberikan pidato di sebuah acara di Uniondale, New York, pada 22 September 2024. (Foto: AP/Seth Wenig)
Perdana Menteri India Narendra Modi tampak dalam layar saat memberikan pidato di sebuah acara di Uniondale, New York, pada 22 September 2024. (Foto: AP/Seth Wenig)

Perdana Menteri India, Narendra Modi, yang berkunjung ke Amerika Serikat selama beberapa hari, berpidato dalam sebuah perayaan budaya di Long Island pada hari Minggu (22/9). Ia memuji pengembalian hampir 300 artefak dari Amerika Serikat ke India dan menyampaikan berita kemenangan ganda negaranya di Olimpiade Catur di Budapest, Hungaria, kepada para hadirin yang sangat antusias.

“Saya baru saja mendapatkan kabar yang sangat baik,” kata Modi kepada sekitar 13.000 orang di gedung Nassau Veterans Coliseum dalam sebuah acara yang disebut-sebut sebagai sebuah perayaan hubungan budaya antara India dan Amerika Serikat.

“Dalam Olimpiade Catur, baik di turnamen putra dan putri, India telah memenangkan medali emas,” katanya yang disambut dengan tepuk tangan dalam pidato yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris untuk para hadirin online.

Modi terpilih kembali sebagai perdana menteri pada bulan Juni setelah pemilihan maraton di mana lebih dari 640 juta suara diberikan dalam rentang waktu enam minggu dalam pelaksanaan demokrasi terbesar di dunia.

“Tahun ini, 2024, adalah tahun yang sangat penting bagi seluruh dunia,” katanya. “Di satu sisi, ada konflik yang berkecamuk di antara beberapa negara di dunia, ada ketegangan. Dan di sisi lain, demokrasi sedang dirayakan di beberapa negara di dunia. India dan Amerika juga bersama-sama dalam perayaan demokrasi ini.”

Modi berkunjung ke New York sehari setelah ia menghadiri sebuah pertemuan yang diselenggarakan oleh Presiden Joe Biden di Wilmington, Delaware, bagi para pemimpin kelompok Quad yang juga mencakup Perdana Menteri Anthony Albanese dari Australia dan Perdana Menteri Kishida Fumio dari Jepang.

Pada Sabtu (21/9), Modi juga menerima pengembalian 297 benda antik yang berusia ribuan tahun yang telah dicuri atau diperdagangkan dari India. AS telah mengembalikan hampir 600 artefak budaya ke India sejak tahun 2016, menurut Kementerian Luar Negeri India.

Sang perdana menteri, pada Senin (23/9) diperkirakan akan menghadiri sebuah pertemuan tingkat tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa sebelum Sidang Umum digelar pada minggu ini. Acara pada hari Minggu itu sendiri disponsori oleh organisasi nirlaba Indo-American Community of USA. [my/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG