Tautan-tautan Akses

Perusahaan Teknologi Raksasa Tunggu Terpilihnya Kepala Antimonopoli Uni Eropa yang Baru


FILE: Teresa Ribera bertepuk tangan saat berbicara kepada media menyusul hasil pemilu di kantor pusat partai Sosialis (PSOE) di Madrid, Spanyol, 10 Juni 2024. (Violeta Santos Moura/REUTERS)
FILE: Teresa Ribera bertepuk tangan saat berbicara kepada media menyusul hasil pemilu di kantor pusat partai Sosialis (PSOE) di Madrid, Spanyol, 10 Juni 2024. (Violeta Santos Moura/REUTERS)

Teresa Ribera harus menghadapi perusahaan-perusahaan teknologi besar, bank-bank, dan maskapai penerbangan jika dikukuhkan sebagai kepala antimonopoli Eropa yang baru, sembari tetap berupaya menerapkan peraturan-peraturan yang lebih longgar untuk membantu menciptakan perusahaan-perusahaan unggul Uni Eropa.

Ribera dinominasikan pada hari Selasa (17/9) oleh Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen untuk jabatan antimonopoli tingkat tinggi. Ribera telah menjabat sebagai menteri transisi ekologi Spanyol sejak 2018.

Perempuan sosialis Spanyol berusia 55 tahun ini adalah salah satu pembuat kebijakan perubahan iklim paling ambisius di Eropa. Namun ia masih harus mendapatkan persetujuan Parlemen Eropa sebelum memangku jabatannya.

Sebagai komisaris persaingan usaha, ia akan dapat menyetujui atau memveto merger bernilai miliaran euro atau mengenakan denda besar pada perusahaan yang ingin meningkatkan kekuatan pasar mereka dengan membatasi pesaing yang lebih kecil atau bekerja sama secara ilegal untuk menetapkan harga.

Akankah Perusahaan Teknologi Raksasa Patuhi Aturan?

Salah satu tantangan terbesarnya adalah memastikan bahwa Amazon, Apple, Google milik Alphabet, Microsoft dan Meta mematuhi peraturan penting yang bertujuan untuk membatasi kekuasaan mereka dan memberi konsumen lebih banyak pilihan.

Kegagalan Apple, Google, dan Meta mematuhi UU Pasar Digital membuat perusahaan-perusahaan raksasa itu disorot Kepala Antimonopoli Uni Eropa Margrethe Vestager, yang akan segera mengakhi masa jabatannya.

Tantangan lainnya adalah bagaimana menghadapi meningkatnya popularitas kecerdasan buatan di tengah kekhawatiran mengenai Big Tech yang memanfaatkan dominasinya.

Ribera mungkin akan meningkatkan tindakan keras terhadap subsidi negara non-UE yang telah dimulai oleh Vestager dengan tujuan mencegah perusahaan asing mengakuisisi bisnis UE atau mengambil bagian dalam tender publik UE dengan dukungan negara yang tidak adil.

Keputusan pengadilan tertinggi Eropa baru-baru ini yang mendukung perintah pajak Komisi Antimonopoli sebesar US$14,5 miliar kepada Apple, dan denda antimonopoli sebesar US$2,7 miliar terhadap Google, dapat mendorong Ribera untuk mengambil tindakan tegas terhadap pelanggaran antimonopoli. Hal ini berarti ia tidak akan terburu-buru untuk melonggarkan peraturan antimonopoli, meskipun ada seruan Mario Draghi untuk meningkatkan keunggulan industri Uni Eropa agar mereka mampu bersaing dengan pesaing dari Amerika Serikat dan China.

Ribera pada hari Selasa juga ditunjuk sebagai wakil presiden eksekutif transisi energi yang bersih, adil dan kompetitif, yang bertugas memastikan bahwa Eropa mencapai tujuan ramah lingkungannya.

Kredensial atau wewenang yang dimilikinya mencakup menegosiasikan kesepakatan tahun lalu di antara negara-negara Uni Eropa tentang batas emisi untuk truk dan peningkatan peraturan pasar tenaga listrik Uni Eropa yang diperdebatkan. [em/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG