Tautan-tautan Akses

PM Inggris Sampaikan Penghormatan pada Pangeran Philip di Sidang Parlemen


PM Inggris Boris Johnson
PM Inggris Boris Johnson

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson hari Senin (12/4) menyampaikan penghormatan pemerintah pada Pangeran Philip – yang juga dikenal sebagai Duke of Edinburgh – di sidang majelis rendah.

“Dengan rendah hati saya menyampaikan kepada Yang Mulia Ratu rasa belasungkawa majelis ini dengan kepergian Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, dan juga terima kasih majelis dan bangsa ini pada dedikasinya pada negara ini dan negara-negara persemakmuran, pengabdiannya yang luar biasa di Angkatan Laut Kerajaan Ingris pada Perang Dunia Kedua, komitmennya pada anak-anak muda dengan membentuk Duke of Edinburgh Award – program yang telah menyentuh kehidupan jutaan orang di seluruh dunia. Juga untuk komitmennya sejak awal pada lingkungan hidup dan dukungan penuh pada Yang Mulia Ratu sepanjang hidupnya,” kata Johnson.

Para anggota parlemen diminta hadir lebih awal dari masa reses Hari Paskah mereka agar dapat menyampaikan penghormatan pada suami Ratu Elizabeth II itu, yang meninggal dunia Jumat lalu (9/4) dalam usia 99 tahun.

Johnson mengatakan Philip telah “senantiasa menunjukkan dedikasi” pada Inggris dan Persemakmuran, dan telah mendukung Ratu Elizabeth II selama masa pemerintahannya. Johnson mengingatkan para anggota parlemen tentang keberanian Pangeran Philip di Angkatan Laut Inggris, penemuan yang dilakukannya dalam bidang teknik, dan secara berkelakar menyampaikan beberapa kecerobohan diplomatiknya yang pernah menjadi berita. [em/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG