Tautan-tautan Akses

Polisi Jerman Temukan 31 Migran Ilegal Dalam Truk Pendingin Makanan


Truk pengangkut makanan yang ditinggalkan di pinggir jalan "Highway A4" dekat Parndorf, Austria, selatan Wina, Austria, 27 Agustus 2015. (Foto: dok).
Truk pengangkut makanan yang ditinggalkan di pinggir jalan "Highway A4" dekat Parndorf, Austria, selatan Wina, Austria, 27 Agustus 2015. (Foto: dok).

Kantor berita Jerman DPA, Rabu (15/7), mengatakan polisi dan petugas pabean menemukan 31 migran bersembunyi dalam truk pendingin makanan dekat perbatasan negara itu dengan Republik Ceko.

Truk bermuatan buah dan sayur itu dihentikan Selasa malam (14/7), di jalan raya A17. Truk tersebut sedang dalam perjalanan dari kawasan perbatasan ke Dresden, Jerman.

Tidak jelas apa kewarganegaraan para migran yang kini dalam tahanan polisi itu dan bagaimana kondisi kesehatan mereka. Truk itu diketahui berpelat nomor kendaraan Turki. Polisi belum memberikan jawaban atas sejumlah pertanyaan yang diajukan media.

Puluhan migran ditemukan tewas dalam truk pendingin dalam beberapa tahun terakhir ketika berusaha memasuki Uni Eropa secara ilegal. Pada 2015, 71 migran ditemukan tewas dalam sebuah truk di Austria. Pada 2019, 39 migran asal Vietnam ditemukan tewas dalam sebuah truk di Inggris.

Insiden kematian migran ilegal sering terjadi di Uni Eropa. Pihak berwenang telah berupaya menggelar berbagai cara untuk menghentikan arus kedatangan mereka, termasuk meningkatkan patroli dekat pintu-pintu perbatasan. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG