Tautan-tautan Akses

Putin: Rusia Tidak Dalam Posisi Nyatakan Gencatan Senjata


Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan pada Kamis (4/7) bahwa negaranya tidak akan menyatakan gencatan senjata di Ukraina, hingga Kyiv mengambil langkah-langkah yang tidak dapat diubah dan bisa diterima oleh Moskow.

“Yang pertama, menyangkut Ukraina, tentu saja mungkin untuk berdiskusi dengan Rada, Majelis Rendah Parlemen Ukraina, tetapi dalam kondisi di mana kekuasaan telah dirampas oleh elit yang berkuasa saat ini di Ukraina, upaya ini tidak berguna. Karena mayoritas dari Rada berada di bawah kekuasaan apa yang disebut sebagai elit penguasa, yang sudah saya sebutkan,” ujar Putin.

Putin juga menambahkan, bahwa pihaknya tidak serta merta bisa maju dan menyatakan gencatan senjata saat ini, dengan harapan pihak lawan akan mengambil langkah-langkah yang positif. Yang kedua, kata dia lagi, Rusia tidak bisa membiarkan pihak musuh mengambil keuntungan dari gencatan senjata itu untuk menaikkan posisi mereka, mempersejatai diri, menambah pasukan dengan mobilisasi paksa, dan bersiap untuk melanjutkan konflik bersenjata.

“Kita harus memastikan bahwa pihak lawan setuju untuk mengambil langkah-langkah yang tidak dapat diubah dan bisa diterima oleh Federasi Rusia. Dan karena itulah, sebuah gencatan senjata tanpa mencapai kesepakatan semacam itu adalah sesuatu yang tidak mungkin,” tambah Putin lagi.

Bulan lalu, Putin menyatakan bahwa Rusia akan mengakhiri perang di Ukraina jika Kyiv setuju untuk membatalkan ambisinya menjadi anggota NATO, dan menyerahkan sepenuhnya empat provinsi yang diklaim oleh Moskow. Tuntutan yang oleh Ukraina segera ditolak karena sama saja dengan menyerah. [ns/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG