Tautan-tautan Akses

Rusia Klaim Berhasil Kuasai 2 Desa Lain di Timur Ukraina


Sebuah bangunan tempat tinggal di Kota Toretsk, wilayah Donetsk timur, tampak hancur pada 25 Juni 2024. (Foto: AFP)
Sebuah bangunan tempat tinggal di Kota Toretsk, wilayah Donetsk timur, tampak hancur pada 25 Juni 2024. (Foto: AFP)

Rusia, Senin (1/7), mengklaim berhasil mengambil alih dua desa lagi di Ukraina timur sebagai bagian dari strategi Moskow untuk menekan pasukan Ukraina yang sedang bertempur selama beberapa minggu terakhir.

Perkembangan tersebut terjadi setelah Rusia mengklaim berhasil menguasai dua desa lainnya pada akhir pekan sebelumnya.

Setelah mengalami kemajuan pada akhir pekan, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa mereka berhasil merebut Desa Novopokrovske di wilayah Donetsk timur dan Desa Stepova Novoselivka di wilayah Kharkiv timur-laut.

Novopokrovske terletak di utara desa yang direbut oleh Moskow pada Minggu, di sebuah zona pertempuran di mana Moskow terus maju ke arah barat sejak merebut Avdiivka, pusat industri, pada Februari..

Hampir setiap minggu selama musim panas ini, Moskow mengumumkan keberhasilannya dalam mengambil alih desa baru di wilayah timur Ukraina.

Stepova Novoselivka terletak di tenggara Kota Kupyansk, wilayah yang juga mulai dikuasai Rusia melalui pertempuran berbulan-bulan.

Pasukan Rusia menguasai Kupyansk pada awal serangan mereka pada 2022, tetapi beberapa bulan kemudian pasukan Ukraina berhasil merebut kembali kota tersebut.

Pada bulan Mei, Rusia melancarkan serangan lokal baru di wilayah Kharkiv. [ah/es]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG