Tautan-tautan Akses

Sheriff Kentucky Didakwa Atas Pembunuhan Hakim di Gedung Pengadilan


Sheriff Letcher County Shawn M. Stines, Jumat, 20 September 2024. (Pusat Penahanan Leslie County via AP)
Sheriff Letcher County Shawn M. Stines, Jumat, 20 September 2024. (Pusat Penahanan Leslie County via AP)

Seorang hakim di daerah pedesaan Kentucky ditembak mati di ruang sidangnya, Kamis (19/9), dan sheriff setempat didakwa atas pembunuhan tersebut, kata polisi.

Penyelidikan awal menunjukkan Sheriff Letcher County Shawn M. Stines menembak Hakim Distrik Kevin Mullins beberapa kali setelah terjadi pertengkaran di dalam gedung pengadilan, menurut Kepolisian Negara Bagian Kentucky. Mullins, yang menjabat sebagai hakim selama 15 tahun, meninggal di tempat kejadian, dan Stines menyerah tanpa perlawanan.

Penembakan fatal di Whitesburg ini mengguncang kota kecil Appalachian yang berpenduduk sekitar 1.700 orang. Kota ini terletak sekitar 235 kilometer di tenggara Lexington.

Hakim Kevin Mullins yang terbunuh. (Pengadilan Kentucky via AP)
Hakim Kevin Mullins yang terbunuh. (Pengadilan Kentucky via AP)

Jaksa penuntut daerah utama Matt Butler mengutarakan simpatinya. Ia menyatakan tidak akan mencampuri penyelidikan penembakan tersebut, begitu pula kantornya, dengan alasan hubungan sosial dan keluarga dengan Mullins.

“Kita semua saling kenal di sini. ... Siapa pun dari Letcher County akan memberi tahu Anda bahwa Hakim Mullins dan saya menikah dengan perempuan yang merupakan kakak adik dan bahwa anak-anak kami adalah sepupu, tetapi sudah seperti saudara kandung," kata Butler dalam pernyataan dari kantornya. “Karena alasan itu, di antara alasan lainnya, saya telah mengambil langkah-langkah agar saya dan kantor saya tidak terlibat.”

Jaksa Agung Kentucky Russell Coleman mengatakan kantornya akan bekerja sama dengan jaksa penuntut di wilayah tersebut sebagai jaksa khusus dalam kasus pidana tersebut.

“Kami akan menyelidiki sampai tuntas dan menemukan keadilan,” kata Coleman di media sosial.

Ketua Mahkamah Agung Kentucky Laurance B. VanMeter mengatakan dia “terkejut oleh tindakan kekerasan ini” dan bahwa sistem pengadilan “terguncang oleh berita ini.”

Courthouse Shooting Kentucky
Gedung pengadilan Letcher County di Whitesburg, Kentucky, Jumat, 20 September 2024. (Dylan Lovan/AP)

Hakim eksekutif Letcher County menandatangani perintah penutupan gedung pengadilan daerah tempat terjadinya penembakan pada hari Jumat (20/9).

Mullins, 54, ditembak beberapa kali dalam insiden itu, kata Kepolisian Negara Bagian Kentucky. Stines, 43, didakwa dengan satu tuduhan pembunuhan berencana. Investigasi masih berlanjut, kata polisi.

Tidak jelas apakah Stines memiliki pengacara. Kepolisian Negara Bagian Kentucky merujuk pertanyaan tentang perwakilan hukum Stines pada hari Kamis kepada seorang juru bicara yang tidak segera menanggapi melalui email.

Menanggapi penembakan itu, Gubernur Andy Beshear mengatakan dalam sebuah posting media sosial: "Terlalu banyak kekerasan di dunia ini, dan saya berdoa agar ada jalan menuju hari esok yang lebih baik."

Mullins menjabat sebagai hakim distrik di Letcher County sejak ia ditunjuk oleh mantan Gubernur Steve Beshear pada tahun 2009 dan terpilih pada tahun berikutnya.

Courthouse Shooting Kentucky
Bagian depan kantor Departemen Sheriff Letcher County di Whitesburg, Kentucky, 20 September 2024. (Dylan Lovan/AP)

Mullins dikenal karena berupaya untuk mengatasi perawatan bagi pegawai di sistem hukum kota itu yang mengkonsumsi narkoba dan membantu ratusan penduduk memasuki perawatan rawat inap. Hal itu tercatat dalam sebuah program untuk pertemuan tentang narkoba yang ia hadiri pada tahun 2022. Ia juga membantu mengembangkan sebuah program yang disebut "Addiction Recovery Care" yang menawarkan layanan dukungan rekan sejawat di gedung pengadilan. Program ini diterapkan di sedikitnya 50 daerah di Kentucky.

Mullins juga menjabat sebagai anggota pendiri Tim Kepemimpinan “Upaya Responsif untuk Mendukung Perawatan dalam Upaya Pemulihan Akibat Opioid”(Responsive Effort to Support Treatment in Opioid Recovery Efforts).

Setelah penembakan tersebut, beberapa sekolah di daerah tersebut sempat ditutup. [es/dw]

XS
SM
MD
LG