Tautan-tautan Akses

Spanyol akan Terima Dana Pemulihan COVID-19 dari Uni Eropa


Para driver pengantar makanan melakukan unjuk rasa di Madrid di tengah pandemi COVID-19 yang membuat ekonomi Spanyol terpuruk (foto: ilustrasi).
Para driver pengantar makanan melakukan unjuk rasa di Madrid di tengah pandemi COVID-19 yang membuat ekonomi Spanyol terpuruk (foto: ilustrasi).

Pemerintah sayap kiri Spanyol ingin mendapat dana besar yang akan diberikan Uni Eropa dan merupakan bagian dari paket bantuan virus corona. Bantuan itu untuk memulihkan Spanyol setelah mengalami kehancuran ekonomi yang disebabkan oleh pandemi.

Spanyol akan menerima 140 miliar Euro ($ 166 miliar), separuh hibah dan separuh pinjaman dari dana pemulihan sebesar 750 miliar Euro yang diusulkan oleh para pemimpin Uni Eropa tahun lalu. Bantuan itu diberikan karena ekonomi benua itu terpuruk akibat penutupan wilayah, kehilangan pekerjaan dan menurunnya belanja konsumen.

PM Spanyol Pedro Sanchez mengatakan, "Nilai ekonomi yang akan kami jalankan pada tahun 2021 hingga 2023 hampir 70 miliar Euro, dengan sasaran yang sangat jelas, yaitu untuk memberi dampak langsung pada pertumbuhan ekonomi negara dan juga tingkat lapangan kerja tahun 2021. Itulah sebabnya saya katakan, investasi ini bersifat ramah lingkungan, suatu transisi ekologi dan juga terkait dengan peralihan digital. Ini adalah dua hal utama dari rencana itu."

Pemimpin Sosialis Spanyol itu mengungkapkan rencana pemerintah koalisinya untuk pemanfaatan bantuan langsung sebesar $ 83 miliar itu, yang diharapkan bisa diinvestasikan ke ekonomi Spanyol dalam kurun tiga tahun ke depan. [ps/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG