Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Berharap Capai 'Kekebalan Komunitas' Bulan Juni


Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen berbicara di Brussel, Belgia (foto: dok).
Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen berbicara di Brussel, Belgia (foto: dok).

Meskipun upaya vaksinasi tampak kendur, Uni Eropa hari Selasa (6/4) menyatakan masih menarget pencapaian "kekebalan komunitas yang memadai" pada akhir Juni 2021.

Komisi Eropa menyatakan ingin melakukan vaksinasi minimal 70% dari seluruh penduduk kelompok orang dewasa pada akhir musim panas tahun ini.

Akan tetapi organisasi itu mengandalkan produksi vaksin kuartal kedua yang kuat untuk mencapai ambang kekebalan pada akhir Juni 2021.

Sekitar 107 juta dosis sudah terdistribusikan dan hingga 360 juta vaksin dijadwalkan untuk 3 bulan mendatang. Uni Eropa menyampaikan target itu dapat tercapai.

"Berdasarkan hal ini, kami yakin akan memiliki dosis vaksin yang cukup untuk mencapai target yang sangat penting sekitar 70% penduduk dewasa," kata juru bicara Komisi Eropa Stefan De Keersmaecker.

"Itu akan membawa kita berada dalam situasi yang memiliki kekebalan komunitas yang cukup untuk melawan virus," katanya.

Namun Komisi Eropa itu menambahkan syarat utamanya bahwa target itu berdasarkan pada pengiriman vaksin secara cepat, dan di 27 negara anggota yang meluncurkan distribusi tidak ada kendala yang signifikan, seperti yang telah terjadi pada kuartal pertama tahun ini. [mg/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG