Tautan-tautan Akses

Ukraina Lancarkan Serangan Maut di Belgorod, Rusia Serang Kyiv


Para petugas SAR sedang bekerja di lokasi gedung yang setengah roboh terkena serangan misil oleh Angkatan Bersenjata Ukraina di Kota Belgorod, Rusia, 12 Mei 2024. (Foto: Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov via AP)
Para petugas SAR sedang bekerja di lokasi gedung yang setengah roboh terkena serangan misil oleh Angkatan Bersenjata Ukraina di Kota Belgorod, Rusia, 12 Mei 2024. (Foto: Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov via AP)

Para pejabat di kawasan Belgorod, Rusia, Rabu (12/6), mengatakan bahwa serangan Ukraina menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai tiga lainnya.

Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov mengatakan di aplikasi Telegram bahwa serangan itu menghantam Kota Shebekino, yang berlokasi dekat perbatasan Ukraina.

Gladkov mengatakan serangan itu juga merusak beberapa bangunan permukiman.

Militer Ukraina, Rabu (12/6), mengatakan menembak jatuh lima dari enam rudal dan seluruh 24 drone yang digunakan Rusia dalam serangan pada malam sebelumnya.

Pencegatan itu berlangsung di wilayah Dnipropetrovsk, Kharkiv, Kyiv, Poltava, Vinnytsia dan Zaporizhzhia.

Serangan tersebut terjadi sehari setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berpidato di hadapan para anggota parlemen Jerman, berbicara mengenai riwayat panjang perang di Eropa yang menghalangi perdamaian untuk beberapa generasi warga Eropa.

“Itu sebabnya impian mengenai Eropa yang harus merupakan sebuah benua kebudayaan, benua manusia, benua yang tanpa perang, telah menjadi semakin kuat,” katanya.

“Saya pribadi percaya pada Eropa yang seperti ini,” lanjut Zelenskyy.

Pemimpin Ukraina itu mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin harus dituntut pertanggungjawabannya atas perang Rusia di Ukraina.

“Masa untuk berkompromi telah berakhir,” kata Zelenskyy. “Ini berakhir persis ketika Putin mulai membakar kota-kota dan memberi penghargaan kepada para pembunuh, ketika ia memilih pembunuhan di atas kesepakatan.”

Di tempat lainnya pada Selasa (11/6), Zelenskyy berbicara di konferensi rekonstruksi yang diselenggarakan Jerman, di mana ia menekankan perlunya pertahanan udara dan pembangunan kembali sistem energi Ukraina. Ia mengatakan serangan drone dan rudal Rusia telah menghancurkan separuh dari kapasitas pembangkit listrik negara itu sejak musim dingin lalu.

Ia mengatakan bahwa setelah dua tahun berperang, militer Ukraina menunjukkan kemampuannya mempertahankan garis depan dan mempertahankan akses ke Laut Hitam.

“Keuntungan strategis terbesar Rusia atas Ukraina adalah keunggulannya di angkasa. Rudal dan teror bomnyalah yang membantu pasukan Rusia maju di darat,” kata Zelenskyy. “Pertahanan udara adalah jawabannya.”

Ia mengatakan Ukraina berharap dapat menggalang bantuan miliaran dolar bagi keperluan militer dan infrastrukturnya.

Konferensi di Berlin berlangsung beberapa hari sebelum konferensi perdamaian di Swiss di mana 90 negara dan organisasi akan menyusun kerangka kerja untuk melaksanakan rencana perdamaian dan cara melibatkan Rusia dan Ukraina dalam proses perdamaian.

Rusia tidak menghadiri pembicaraan di Swiss. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG