Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Kenakan Larangan Terbang Pesawat Iran


Uni Eropa hari Selasa mengatakan, melarang hampir semua pesawat udara Iran terbang di wilayah udaranya karena alasan keselamatan.

Uni Eropa hari Selasa mengatakan melarang hampir semua pesawat udara Iran terbang di wilayah udaranya karena alasan keselamatan.

Seorang juru bicara Uni Eropa mengatakan tidak ada faktor lain yang mempengaruhi keputusan tersebut. Blok yang beranggotakan 27 negara Eropa itu mengatakan, mereka mencekal pesawat Boeing 727, Boeing-747 dan Airbus A320 milik Iran sebagai tanggapan atas audit keselamatan pesawat yang dilakukan Uni Eropa.

Pesawat-pesawat yang masuk dalam daftar hitam itu merupakan dua-pertiga dari jumlah pesawat milik perusahaan Iran Air.

Perusahaan penerbangan Iran kesulitan merawat pesawat Boingnya yang tua, yang dibeli pada tahun 1970-an karena larangan Amerika yang berlangsung tiga dekade untuk menjual suku cadang pesawat udara ke negara Islam itu.

Sebelumnya, Iran menyangkal klaim yang dibuat sebagian pejabat Iran bahwa pesawat Iran ditolak mengisi bahan bakar, di Jerman, Inggris dan Uni Emirat Arab.

Juru bicara kementerian luar negeri Iran Ramin Mehmanparast mengatakan pesawat-pesawat Iran terus mengisi bahan bahas di seluruh dunia. Ia mengatakan adanya laporan-laporan bahwa sebagian airport tidak menyediakan bahan bakar adalah bagian dari “perang psikologis” terhadap Iran.

XS
SM
MD
LG