Tautan-tautan Akses

Utusan Ukraina Desak Israel Jatuhkan Sanksi Kepada Rusia


Ilustrasi - Bendera Israel berkibar di dekat Monumen Kemerdekaan dalam aksi aktivis pro-Israel di Kyiv, Ukraina, 14 Mei 2021. (REUTERS/Valentyn Ogirenko)
Ilustrasi - Bendera Israel berkibar di dekat Monumen Kemerdekaan dalam aksi aktivis pro-Israel di Kyiv, Ukraina, 14 Mei 2021. (REUTERS/Valentyn Ogirenko)

Duta Besar Ukraina untuk Israel meminta negara itu agar menjatuhkan sanksi kepada Rusia atas invasinya ke Ukraina.

Kepada wartawan, Jumat (11/3), Yevgen Korniychuck mengatakan, adalah "kewajiban moral" perusahaan-perusahaan Israel untuk menangguhkan bisnis di Rusia, seperti telah dilakukan banyak perusahaan Barat.

Korniychuck juga mengindikasikan bahwa upaya Israel menengahi Kyiv dan Moskow tampaknya mandek. Ia mengatakan "tidak jelas" di mana posisi mediasi itu dan bahwa dia tidak mengetahui "tugas segera" yang diambil oleh Israel mengenai masalah tersebut.

Bisakah Israel Menjadi Mediator Efektif Konflik Rusia-Ukraina?
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:52 0:00

Israel adalah satu-satunya negara yang memiliki hubungan kerja yang baik dengan Ukraina dan Rusia. Perdana Menteri Israel Naftali Bennett telah berulang kali menyatakan dukungan bagi rakyat Ukraina, dan Israel telah mengirim bantuan kemanusiaan ke negara itu, tetapi dia tidak mengutuk Rusia atas serangannya.

Jalan tengah itu membantu membuka jalan bagi Bennett untuk melakukan perjalanan untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin pada Sabtu (12/3) dan mencoba menengahi kedua pihak. Upaya mediasi yang dilakukan Turki juga belum bisa menyelesaikan konflik tersebut.[ka/ab]

XS
SM
MD
LG