Tautan-tautan Akses

Zelenskiy Bersiap untuk KTT Perdamaian Kedua pada November


Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy mengatakan pada Senin (15/7), dia telah menetapkan tujuan untuk mempersiapkan semua unsur dari rencana perdamaian, sehingga dia dapat menyelenggarakan KTT lanjutan tentang visinya bagi perdamaian pada November nanti.

Zelenskiy juga mengatakan bahwa dia percaya “perwakilan dari Rusia seharusnya datang” dalam KTT kedua tersebut.

Ukraina menyelenggarakan KTT pertama di Swiss bulan lalu, yang dihadiri oleh perwakilan dari 92 negara, tetapi tidak oleh Rusia. Kyiv telah mengatakan bahwa mereka akan mengundang perwakilan dari Rusia di KTT selanjutnya.

Zelenskiy menyampaikan pidato di Kyiv, setelah kembali dari sebuah kunjungannya ke Washington pekan lalu untuk sebuah KTT aliansi militer NATO, lebih dari 28 bulan sejak invasi skala penuh Rusia.

Seorang deputi menteri luar negeri Rusia mengatakan pekan lalu bahwa Moskow tidak akan menghadiri KTT lanjutan, meskipun Kremlin memilih istilah lebih umum dan mengatakan bahwa “tidak ada substansi yang tepat” mengenai gagasan KTT kedua ini.

Zelenskiy juga mengatakan, Ukraina akan menerima sejumlah jet tempur F-16 musim panas ini, dan lebih banyak lagi sebelum akhir tahun dan bahwa dia tidak bisa memastikan berapa banyak tepatnya jumlah yang akan diterima. [ns/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG