AS Beri Sanksi Dua Warga Rusia dalam Penipuan Mata Uang Kripto 

Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin

Pemerintah AS hari Rabu (16/9) mengumumkan sanksi terhadap dua warga Rusia atas peran mereka dalam pencurian mata uang digital kripto (cryptocurrency) senilai sekitar $16,8 juta.

Dalam skema penipuan yang dilakukan pada 2017 dan 2018, Danil Potekhin dan Dmitrii Karasavidi diduga membuat situs web yang tampak seperti situs pertukaran mata uang yang sah.

Korban memasukkan informasi mereka, yang kemudian digunakan untuk mengakses akun sebenarnya. Keduanya, yang diidentifikasi oleh Departemen Keuangan dan Departemen Keamanan Dalam Negeri, kemudian mencuci cryptocurrency yang dicuri itu melalui berbagai pertukaran mata uang virtual dengan menggunakan profil palsu.

"Orang-orang yang mengelola skema ini menipu warga Amerika, bisnis, dan lainnya dengan menipu mereka dan mencuri mata uang virtual dari rekening mereka," kata Menteri Keuangan Steve Mnuchin dalam sebuah pernyataan. "

Departemen Keuangan akan terus menggunakan otoritas yang dimiliki untuk menargetkan penjahat dunia maya dan tetap berkomitmen untuk penggunaan yang aman dan terjamin dari teknologi yang muncul di sektor keuangan."

Menurut pernyataan itu, pemerintah menyita jutaan dolar mata uang virtual dan dolar AS di rekening milik Karasavidi. [my/jm]