Beijing akan Balas Bila AS Berlakukan Tarif Impor Produk China

Juru bicara Kementerian Perdagangan China, Gao Feng

China tegas menentang rangkaian tarif yang diberlakukan Amerika terhadap barang-barang produknya, memperingatkan bahwa negara itu akan merespon serupa begitu tarif diberlakukan.

Rencana Presiden Amerika Donald Trump memberlakukan tarif impor 25 persen terhadap lebih dari 800 produk China bernilai sekitar 34 miliar dolar dijadwalkan mulai berlaku satu menit memasuki hari Sabtu (7/7) waktu Washington.

Juru bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng, kepada wartawan hari Kamis (5/7) mengatakan, "China tidak akan lebih dulu memulai 'perang dagang' dengan Amerika, tetapi tidak punya pilihan selain membalas demi membela kepentingan negara dan rakyat China."

Gao juga menyatakan, sekitar 20 miliar dolar barang yang akan dikenakan tarif Amerika itu didukung investor asing termasuk, sebagian besar, Amerika sendiri.

Presiden Trump mengancam akan memberlakukan tarif terhadap barang-barang buatan China, bernilai sampai 450 miliar dolar, jika negara itu membalas mengenakan tarif terhadap barang-barang buatan Amerika.

Saling balas antara dua ekonomi terbesar dunia dalam perang dagang itu akan sangat memengaruhi ekonomi global. [ka/ii]