China Desak AS untuk Tolak Pelepasan Air Limbah PLTN Fukushima

TOPSHOT - Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi TEPCO yang lumpuh di Okuma, prefektur Fukushima, 24 Agustus 2023. (JIJI PRESS / AFP)

China, Jumat (22/9) meminta AS untuk berhenti “mendukung atau membiarkan” pelepasan air limbah nuklir dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima yang hancur di Jepang.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning mengeluarkan pernyataan itu setelah duta besar AS untuk Jepang, Rahm Emanuel, menyebut larangan China terhadap impor produk-produk laut Jepang sebagai “pemaksaan ekonomi.”

China telah menentang keras rencana pembuangan oleh Jepang itu dan segera memberlakukan larangan itu setelah pelepasan air limbah dimulai bulan lalu.

China adalah tujuan terbesar untuk ekspor makanan laut Jepang, meskipun ini hanya sebagian kecil dari perdagangan secara keseluruhan, dan para eksportir Jepang terpukul keras oleh larangan tersebut.

Setelah pengarahan harian, Mao juga memuji kehadiran PM Korea Selatan Han Duck-soo pada upacara pembukaan pesta olahraga Asian games di Hangzhou, kota di bagian selatan China, ketika Mao ditanya mengenai kemungkinan pertemuan Han dengan Presiden Xi Jinping pada hari Sabtu.

Mao mengatakan kehadiran Han menunjukkan dukungan “Korea Selatan bagi China dalam menyelenggarakan pesta olahraga itu, serta sikap bersahabat Korea Selatan terhadap China dan pentingnya hubungan kedua negara.”

Sementara mengenai jadwal perjalanan Han, Mao mengatakan, “kedua pihak berkomunikasi” tanpa merincinya lebih jauh. [uh/ab]