Dampak Perang Dagang, Pertumbuhan Ekonomi AS Diperkirakan Melambat

Michael Petefish, petani kedelai AS di Claremont, Minnesota (foto: ilustrasi). Petani AS diperkirakan akan terkena dampak perang dagang AS-China.

Pertumbuhan ekonomi AS akan melambat pada kuartal-kuartal mendatang setelah mencapai level tertinggi dalam empat tahun pada April-Juni, menurut jajak pendapat Reuters terhadap para ekonom yang memperkirakan bahwa perang dagang Presiden Donald Trump akan menimbulkan kerugian.

Didorong sebagian oleh pemotongan pajak $1,5 triliun yang disetujui akhir tahun lalu, perekonomian AS tumbuh pada tingkat tahunan 4,1 persen selama kuartal kedua, kinerja terkuat dalam hampir empat tahun.

Tapi jajak pendapat terbaru terhadap lebih dari 100 ekonom yang dilakukan antara 13 hingga 21 Agustus menunjukkan mereka menduga perekonomian AS akan kehilangan momentum dan mengakhiri tahun depan dengan laju pertumbuhan kurang dari separuh angka tersebut.

Perekonomian AS diperkirakan tumbuh 3 persen dalam kuartal saat ini dan 2,7 persen pada tahun berikutnya, peningkatan sedikit dari jajak pendapat sebelumnya.

Tetapi sokongan jangka pendek dari pemotongan pajak itu diperkirakan akan berkurang. Para ekonom memangkas proyeksi pertumbuhan mereka untuk sebagian besar kuartal tahun depan sehingga prospek ekonomi secara luas tidak berubah dan rentan terhadap konflik perdagangan dengan China. [as]