Departemen Kehakiman Buka Penyelidikan Kebocoran Dokumen Rahasia

  • Associated Press

Bendera Amerika berkibar di luar Gedung Departemen Kehakiman AS di Washington, AS, 15 Desember 2020. (Foto: REUTERS/Al Drago)

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Llyod Austin mengatakan Departemen Kehakiman telah membuka “penyelidikan kriminal atas bocornya sejumlah dokumen sangat rahasia di dunia maya tentang perang di Ukraina.”

“Kami menanggapi hal ini dengan sangat serius, dan kami akan bekerjasama erat dengan sekutu dan mitra kami yang luar biasa,” ujar Austin dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan mitra mereka dari Filipina, di Departemen Luar Negeri AS pada Selasa (11/4).

“Tidak ada yang dapat menghentikan kami untuk menjaga keamanan Amerika,” tegas Austin.

Austin pertama sekali mengetahui insiden kebocoran dokumen tersebut pada Kamis (6/4) lalu. Dokumen itu berisi sejumlah slide pengarahan rahasia yang merinci upaya militer Amerika Serikat dalam perang di Ukraina, dan informasi intelijen yang melibatkan negara lain.

Sejak saat itu, Austin telah menjangkau sekutu-sekutu AS, melangsungkan pertemuan harian untuk mengkaji dampak yang ditimbulkan dari dokumen-dokumen yang bocor tersebut, dan membentuk suatu kelompok untuk melihat ruang lingkup kebocoran itu dan meninjau siapa saja yang memiliki akses ke informasi tersebut. [em/rs]