2 Calon Kandidat Demokrat yang Mundur Dukung Joe Biden 

Joe Biden, salah satu bakal capres yang diusung Partai Demokrat berbicara dalam sebuah kampanye di Universitas Texas Southern di Houston, Texas, 2 Maret 2020.

Pete Buttigieg mendukung Joe Biden untuk menjadi calon presiden AS yang diusung Partai Demokrat, Senin (2/3).Hal itu memberi dorongan besar bagi harapan Biden, yang mantan wakil presiden itu, untuk menjadi presiden​.

Buttigieg menyatakan dukungannya untuk Biden hanya beberapa hari setelah mantan wali kota Indiana itu mundur dari pencalonannya.

"Saya mencari seorang presiden yang akan memberi yang terbaik untuk kita masing-masing. Dan saya mendorong siapa pun yang merupakan bagian dari kampanye saya untuk bergabung dengan saya karena kita telah menemukan pemimpin itu dalam diri wakil presiden, yang akan segera menjadi presiden, Joe Biden", kata Buttigieg di Dallas, Texas, dengan Biden berdiri di dekatnya.

Sebelumnya, keduanya adalah mantan pesaing dalam pertarungan memperebutkan nominasi Partai Demokrat. Namun, kini mereka bersatu didorong oleh keinginan agar kandidat yang beraliran moderat dapat mengalahkan senator beraliran kiri, Bernie Sanders. Sanders adalah kandidat utama yang kini memimpin pencalonan untuk menghadapi Presiden Donald Trump pada Pilpres November mendatang.

Bakal capres dari Demokrat, Joe Biden, juga mendapat dorongan menjelang nominasi Super Tuesday (3/3) hari ini waktu setempat, ketika Senator Amy Klobuchar dan Pete Buttigieg memberi dukungan mereka setelah keduanya memutuskan untuk mengakhiri pencalonan mereka.

Buttigieg dan Klobuchar masing-masing terbang ke Dallas pada Senin untuk mendukung Biden pada rapat umum yang direncanakan untuk Super Tuesday. Ada 228 delegasi yang dipertaruhkan di Texas, delegasi ketiga terbanyak dalam kontes pencalonan Demokrat. [ps/pp]