Hadiri KTT dengan Empat Negara Arab, Blinken Terbang ke Israel 

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kanan) dan Dubes AS untuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Julianne Smith menghadiri KTT NATO untuk membahas invasi Rusia ke Ukraina di Brussels, Belgia, 24 Maret 2022. (Foto: Gonzalo Fuentes/Reuters)

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken, Sabtu (26/3), terbang ke Israel untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) Arab-Israel.

Pertemuan itu tampaknya juga akan didominasi dengan diskusi tentang perundingan nuklir Iran dan invasi Rusia ke Ukraina.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Blinken akan melangsungkan pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett pada Minggu (27/3). Bennett telah berupaya memediasi berakhirnya konflik Rusia-Ukraina.

Kantor Departemen Luar Negeri Israel mengatakan Yair Lapid akan mendampingi Blinken dan mitra-mitranya dari Uni Emirat Arab, Bahrain, Maroko dan Mesir dalam “pertemuan bersejarah” pada Minggu dan Senin (28/3).

KTT ini akan diselenggarakan di sebuah hotel mewah di Sde Boker, sebuah kawasan pertanian di selatan gurun Israel di mana pendiri negara itu dan sekaligus perdana menteri pertama, David Ben-Gurion pensiun dan dimakamkan.

Blinken dijadwalkan melawat ke Tepi Barat, Maroko dan Aljazair dalam kunjungan yang juga akan memusatkan perhatian pada Iran dan isu-isu keamanan kawasan.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Blinken akan bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah. [em/ft]