Inggris Izinkan Penggunaan Minyak Ganja untuk Obati Epilepsi

Seorang ibu di AS, Valeria dan putranya Emiliano yang menderita epilepsi. Emilio mendapatkan pengobatan dengan minyak ganja. (Foto: ilustrasi).

Pemerintah Inggris hari Sabtu (16/6) berubah sikap mengenai kasus penggunaan minyak ganja, dan mengatakan seorang anak laki-laki penderita epilepsi dapat diobati dengan minyak tersebut setelah ibunya mengatakan anak itu membutuhkannya agar selamat dari serangan kejang yang parah.

Menteri Dalam Negeri, Sajid Javid, mengatakan ia telah setuju untuk mengeluarkan dengan segera izin bagi Billy Caldwell, usia 12 tahun, untuk diobati dengan minyak ganja.

Javid mengatakan keputusannya didasarkan pada nasihat dari para dokter senior yang telah menegaskan bahwa Caldwell, yang diopname pada malam sebelumnya, menderita keadaan darurat medis.

Javid menambahkan bahwa prioritas segera pemerintah adalah memastikan bahwa Caldwell memperoleh “pengobatan paling manjur dengan cara yang aman.”

Minyak ganja dilarang penggunaannya di Inggris. Pihak berwenang menyita minyak ganja itu dari Charlotte Caldwell, ibu anak tadi, ketika dia berusaha membawanya ke negara itu hari Senin.

Dia mengatakan putranya menderita kejang parah dua kali tadi malam, dan bahwa minyak ganja adalah obat satu-satunya yang dapat mencegah kejang yang mengancam nyawa Billy.

Charlotte Caldwell sebelumnya telah mengatakan hari itu dia gembira bahwa Menteri Dalam Negeri berusaha bersamanya untuk mencari jalan keluar. [gp/lt]