Israel Salahkan Negara-negara Arab Atas Kegagalan Wujudkan Timur Tengah Bebas Nuklir

Demo damai anti-proliferasi nuklir di depan gedung PBB di New York City.

Iran pekan ini menyerukan kepada Israel agar menghentikan senjata nuklirnya dan menyebut mereka ancaman terhadap kawasan itu.

Israel menyalahkan negara-negara Arab tetangganya atas kegagalan kemajuan menuju pencapaian Timur Tengah yang bebas senjata nuklir.

Pernyataan oleh Israel yang dibagi-bagikan hari Kamis (30/4) dalam konferensi sedunia mengenai perjanjian perlucutan senjata yang bersejarah adalah komentar terbuka pertamanya karena Israel menghadirinya secara di luar dugaan sebagai peninjau.

Israel belum pernah dengan terbuka menyatakan memiliki senjata nuklir, dan Israel tidak turut menandatangani Perjanjian Larangan Penyebaran Nuklir.

Sebagai peninjau, Israel tidak dapat berbicara dalam konferensi yang sedang berjalan, dimana banyak negara telah mengutarakan kekecewaan karena pertemuan penting menuju Timur Tengah sebagai zona yang bebas senjata nuklir, belum diadakan.

Iran pekan ini menyerukan kepada Israel agar menghentikan senjata nuklirnya dan menyebut mereka ancaman terhadap kawasan itu.

Pernyataan Israel menyerukan “dialog langsung dan tetap” di antara negara-negara kawasan itu.