Jerman Berupaya Capai Perjanjian tentang Migran dengan Italia

Para pengungsi menunggu untuk turun dari kapal di kapal penjaga pantai Italia "Diciotti" di pelabuhan Catania, Italia, 22 Agustus 2018.

Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer mengatakan ia yakin akan mencapai perjanjian dengan Italia agar negara itu berkenan menerima kembali migran yang tiba di perbatasan Jerman-Austria setelah sebelumnya mengajukan suaka di Italia.

Jerman telah mencapai perjanjian serupa dengan Yunani dan Spanyol ketika menerapkan perjanjian domestik untuk meredakan perselisihan politik internal tentang migrasi.

Seehofer Juni lalu mengancam untuk mengembalikan migran yang sebelumnya telah terdaftar secara sepihak di perbatasan Jerman-Austria. Kanselir Angela Merkel bersikeras Jerman harus terlebih dahulu mencapai perjanjian dengan negara-negara lain.

Seehofer mengatakan kepada stasiun televisi ZDF bahwa ia mencapai kemajuan berarti dengan Italia. Ditambahkannya, sebagai imbalan kesediaan Italia menerima kembali para migran yang mengajukan suaka itu, Jerman akan menerima migran yang diselamatkan di laut dalam jumlah yang sama. [em]