Kebakaran Hutan Los Angeles, 1.000 Diperintahkan Mengungsi

  • Associated Press

Seorang petugas pemadam kebakaran memperhatikan kebakaran hutan di kawasan Pacific Palisades, Los Angeles, Minggu, 16 Mei 2021. (Foto: Ringo H.W. Chiu/AP)

Kebakaran hutan yang membara di sebuah wilayah di Los Angeles, menguat pada Minggu (16/5). Pihak berwenang mengatakan sekitar seribu warga yang diperintahkan mengungsi, sementara lainnya diperingatkan untuk bersiap-siap mengungsi.

Mengutip kantor berita Associated Press, cuaca dingin dan lembab pada pagi hari sempat membantu upaya pemadaman. Namun, api mulai bergerak ke area curam pada siang hari, membakar perkebunan kering yang sebelumnya tak pernah terbakar dalam setengah abad, kata Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles.

"Kami jelas menyaksikan peningkatan aktivitas kebakaran," kata juru bicaranya, Margaret Stewart.

Tidak ada bangunan yang rusak, dan tidak ada korban luka yang dilaporkan dalam kebakaran hutan yang merebak pada Jumat (14/5) malam di Pegunungan Santa Monica itu. Api membara hampir sepanjang Sabtu (15/5), sebelum berkobar lagi pada siang hari.

Penyebab kebakaran dekat Taman Negara Bagian Topanga itu disebut "mencurigakan" dan dalam penyelidikan, kata departemen itu.

Terdapat laporan mengenai seorang tersangka penyulut kebakaran terlihat di area itu pada Sabtu (15/5). Namun, upaya pencarian yang dilakukan Departemen Sheriff Los Angeles County tidak menemukan seorang pun yang patut dicurigai, kata Stewart. [vm/pp]