Kesiapan Perusahaan Silicon Valley Diuji dalam Konflik Ukraina

Warga Ukraina berlindung di sebuah stasiun kereta bawah tanah di Kyiv, di tengah serangan artileri Rusia Jumat (25/2).

Sebagai pimpinan perusahaan teknologi di Silicon Valley yang berkantor di dekat Jembatan Golden Gate, San Francisco, ribuan kilometer dari krisis di Ukraina, Andy Kurtzig telah mempersiapkan rencana dalam menghadapi serangan Rusia itu selama bertahun-tahun.

Kepala eksekutif JustAnswer.com, sebuah perusahaan yang menghubungkan orang-orang dengan para ahli melalui daring secara langsung, untuk berkonsultasi dengan rencana yang dibuat oleh komite krisis perusahaan.

Lebih dari sepertiga pegawai perusahaan itu berada di Ukraina, terutama di dua kota, tetapi mereka juga tersebar di seluruh negeri karena pandemi.

Asap dan api tampak di sebuah bangunan yang terkena serangan artileri Rusia di dekat Kyiv Sabtu pagi (26/2).

Dengan terjadinya serangan Rusia itu, rencana darurat perusahaan sedang dilakukan. Perusahaan JustAnswer.com telah menyiapkan uang tunai dan memindahkan sebagian uangnya ke negara tetangga Polandia untuk membayar gaji karyawannya, jika sistem perbankan Ukraina runtuh atau berada di bawah serangan siber.

Para karyawannya bisa semakin cepat menggunakan perangkat lunak komunikasi alternatif, aplikasi dan telepon satelit, bahkan walkie-talkie, jika sistem telekomunikasi rusak.

Your browser doesn’t support HTML5

WNI di Ukraina Mengungsi ke KBRI karena Serangan Rusia

Generator juga sudah siap, dengan izin tuan tanah yang dijamin jika jaringan listrik terputus. Perusahaan akan membayar untuk memindahkan sebagian keluarga ke berbagai bagian negara atau keluar dari negara yang sedang berperang.

Namun hal yang penting diutamakan. Pegawai di Ukraina diberi libur pada hari Kamis dan diberitahu untuk meluangkan waktu yang mereka perlukan untuk menghadapi situasi di lapangan.

"Pentingkan untuk menjaga diri Anda dan keluarga Anda aman,'" kata Kurtzig kepada karyawannya di Ukraina Rabu malam waktu California, ketika serangan udara Rusia pertama kali dilaporkan di seluruh negeri. [ps/pp]