Ketua Perunding Taliban Afghanistan: Pasukan AS di Ambang Kekalahan

Sher Mohammad Abbas Stanekzai, Ketua Perunding Taliban Afghanistan saat berbicara di Doha, Qatar, 28 April 2019 lalu.

Ketua perunding Taliban dalam pernyataan yang baru dirilis mengatakan Amerika berada di ambang kekalahan dan akan segera meninggalkan Afghanistan "atas kemauan mereka sendiri atau dipaksa keluar."

Sher Mohammad Abbas Stanekzai menyampaikan pernyataan itu dalam pidato pada "pertemuan internal" 28 April di Doha, Qatar, hanya dua hari sebelum ia memimpin tim perunding Taliban melakukan pembicaraan baru dengan A.S. Media sosial Pro-Taliban Jumat merilis video pidato Stanekzai itu sehari setelah utusan rekonsiliasi khusus AS, Zalmay Khalilzad, dan timnya mengakhiri perundingan selama seminggu dengan perwakilan Taliban di ibukota Qatar itu.

Dalam pidatonya, Stanekzai memuji apa yang disebutnya keberanian bangsa Afghanistan mengalahkan invasi Inggris dan Soviet di negara mereka di masa lalu dan menentang kehadiran militer asing saat ini, merujuk pada koalisi pimpinan AS yang melatih dan memberi saran kepada pasukan pro-pemerintah dalam pertempuran melawan Taliban.

"Tuhan telah membantu kita mengalahkan tiga kekuatan terbesar dalam abad terakhir ini. Kekuatan besar ketiga yang kita hadapi saat ini juga berada di ambang kekalahan, insya Allah. Kita akan segera mendengar mereka juga akan mundur (dari Afghanistan) atas kemauan mereka sendiri atau mereka dipaksa keluar, " kata Stanekzai pada pertemuan itu. (my)