Kontroversi Hadiah Nobel Perdamaian 2010

Ketua Komite Nobel Thorbjorn Jagland duduk di samping kursi yang kosong, di mana ditaruh medali dan sertifikat bagi Liu Xiaobo. Lie meraih penghargaan Nobel Perdamaian tahun ini, tapi tidak dapat datang karena dipenjara oleh pemerintah Tiongkok.

Panitia Hadiah Nobel Perdamaian memutuskan untuk menganugerahkan penghargaan tahun ini kepada pembangkang Tiongkok yang meringkuk di penjara, Liu Xiaobo. Keputusan panitia Nobel tersebut mengundang reaksi keras dari Tiongkok, yang kemudian menahan istri Liu, dalam tahanan rumah. Tiongkok juga menyerukan pemboikotan acara penganugerahan Hadiah Nobel Perdamaian yang berlangsung 10 Desember, mengadakan penghargaan perdamaiannya sendiri dan memerintahkan penyensoran terhadap pemberitaan asing mengenai pemberian Nobel terhadap Xiaobo. Simak selengkapnya dalam laman liputan khusus ini.

Panitia Hadiah Nobel Perdamaian memutuskan untuk menganugerahkan penghargaan tahun ini kepada pembangkang Tiongkok yang meringkuk di penjara, Liu Xiaobo. Keputusan panitia Nobel tersebut mengundang reaksi keras dari Tiongkok, yang kemudian menahan istri Liu, dalam tahanan rumah.

Tiongkok juga menyerukan pemboikotan acara penganugerahan Hadiah Nobel Perdamaian yang berlangsung 10 Desember dan memerintahkan penyensoran terhadap pemberitaan asing mengenai pemberian Nobel terhadap Xiaobo. Simak selengkapnya dalam liputan khusus ini.