Kyrgyzstan Berkabung untuk Para Korban Pemberontakan

Ratusan orang berkumpul di Bishkek untuk ungkapkan rasa berkabung atas tewasnya paling sedikit 75.

Ratusan orang telah mulai berkumpul di ibukota Kyrgyzstan, Bishkek, untuk mengungkapkan rasa berkabung atas tewasnya paling sedikit 75 orang dalam pemberontakan yang menggulingkan pemerintah dan memaksa presiden melarikan diri.

Pemakaman akan dilakukan hari Jumat menjelang upacara berkabung nasional. Di Bishkek, orang-orang berdoa di luar gedung pemerintahan presiden yang terbakar.

Bunyi tembakan terdengar sekali-sekali di ibukota itu Kamis malam, sementara polisi dan kelompok-kelompok penjaga keamanan yang didukung pemerintahan sementara berusaha menjaga kota itu dan mencegah para penjarah melakukan penjarahan. Beberapa orang dilaporkan cedera tadi malam.

Para pemimpin oposisi hari Kamis membentuk pemerintahan sementara yang dipimpin oleh mantan Menteri Luar Negeri Roza Otunbayeva, setelah bentrokan maut sehari sebelumnya memaksa Presiden Kurmanbek Bakiyev melarikan diri.

Bakiyev mengatakan kepada radio Rusia dia tidak akan menyerah kepada pemberontakan maut yang telah menyebabkan pihak oposisi menguasai banyak wilayah negara itu.