Lukisan Klimt yang Hilang Telah Ditemukan

The head of a "Cyber Horse", made from discarded electronic bits, is seen on display near the entrance to the Cyber Week conference at Tel Aviv University, Israel.

Lukisan Gustav Klimt, yang berjudul Two Reclining Figures, telah muncul kembali setelah hilang dari Museum Lentos di Linz (LINTZ) selama beberapa dasawarsa. Rupanya lukisan itu selama ini tersembunyi di rumah salah satu bekas asisten museum yang pensiun tahun 1977.

Lukisan itu memperlihatkan dua perempuan yang sedang tidur berbalut selimut. Karya seni itu ditemukan setelah asisten tersebut, yang namanya tidak diumumkan, memberi petunjuk dalam surat wasiatnya agar lukisan itu dikembalikan ke museum setelah kematiannya. Ketika dia meninggal dunia pada Desember 2017, dokumen-dokumen pribadinya mencakup instruksi untuk menemukan lukisannya. Ternyata lukisan itu disimpan di dalam lemarinya.

“Kami sangat terkejut akan temuan ini,” kata Julius Stieber (STEE-ber), direktur budaya dan edukasi kota Linz. “Kami menerima sepucuk surat, tapi tidak ada yang menyangka lukisannya akan dikembalikan.”

Lukisan itu kini akan ikut dipamerkan dalam pameran 100 tahun karya Klimt, serta pelukis Egon Schiele (SHEE-leh) dan Koloman Moser pada ulang tahun ke-100 kematian mereka. Ketiganya wafat pada tahun 1918. [vm/ii]