Menlu AS akan Bahas Kebuntuan Perdamaian Afghanistan di Doha

Menlu AS John Kerry (kiri) saat bertemu Presiden Afghanistan Hamid Karzai (foto: dok). Kerry berusaha melanjutkan upaya perundingan perdamaian Afghanistan di Doha, Qatar.

John Kerry hari Sabtu akan mengunjungi Doha, Qatar, yang diusulkan menjadi tempat pembicaraan perdamaian Afghanistan dukungan pemerintah AS.
Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry hari Sabtu akan mengunjungi Doha, Qatar, yang diusulkan menjadi tempat pembicaraan perdamaian Afghanistan dukungan Amerika yang minggu ini memicu tentangan keras oleh Presiden Afghanistan Hamid Karzai.

Para pejabat senior Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan agenda Kerry – yang semula direncanakan untuk memusatkan perhatian pada Suriah – telah diperluas untuk mencakup diskusi dengan sekutu-sekutu Amerika tentang cara menyelamatkan prakarsa perdamaian di Afghanistan.

Pertemuan di Doha itu tadinya direncanakan dibuka hari Kamis, dengan pembicaraan yang melibatkan delegasi Taliban dan para pejabat senior Amerika.

Namun, Presiden Karzai yang tampaknya kesal dengan pembukaan kantor politik Taliban di Doha, telah menyatakan keberatan dan mengatakan bahwa pemerintahnya tidak akan mendukung perundingan itu.