NATO: Finlandia, Swedia Mendaftar untuk Bergabung

  • Associated Press

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menghadiri upacara untuk menandai aplikasi Swedia dan Finlandia untuk keanggotaan di Brussels, Belgia, 18 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Johanna Geron)

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, Rabu (18/5), dengan "hangat" menyambut baik permintaan Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan blok tersebut. Ia menggambarkannya sebagai momen bersejarah.

Stoltenberg mengukuhkan pada Rabu bahwa Finlandia dan Swedia telah secara resmi mendaftar untuk bergabung dengan aliansi militer terbesar di dunia itu. Langkah mereka didorong oleh masalah keamanan atas perang Rusia di Ukraina.

"Kalian adalah mitra terdekat kami dan keanggotaan kalian dalam NATO akan meningkatkan keamanan bersama kita," kata Stoltenberg setelah menerima surat permintaan dari duta besar kedua negara Nordik. "Ini adalah hari yang baik pada saat yang kritis bagi keamanan kita," katanya.

Permintaan itu kini harus ditimbang oleh 30 negara anggota.

Proses itu diperkirakan memakan waktu sekitar dua minggu, meskipun Presiden Turki Recep Tayyip telah menyatakan keberatan atas bergabungnya Finlandia dan Swedia. [ka/ab]