Negara Bagian Bavaria, Jerman akan Carter Pesawat untuk Deportasi

Gubernur Bavaria, Markus Soeder (foto: dok).

Bavaria merencanakan untuk mencarter penerbangannya sendiri untuk mendeportasi pencari suaka yang permohonannya ditolak, seiring dengan semakin mendekatnya pemilihan di negara bagian di Jerman selatan yang konservatif itu musim gugur ini.

Gubernur Markus Soeder mengatakan penerbangan itu merupakan salah satu dari sejumlah langkah yang akan diambil untuk mempercepat proses suaka yang akan diberlakukan mulai Agustus.

Soeder mengatakan kepada para wartawan hari Selasa (5/6) bahwa Bavaria juga akan membuat tujuh kamp besar yang menjadi pusat di mana Pemohon suaka harus tinggal sampai permohonan suaka mereka selesai diproses.

Bavaria adalah pintu masuk utama bagi ratusan ribu pengungsi yang datang ke Jerman setelah melakukan perjalanan melalui Eropa selatan pada tahun 2015 dan 2016.

Partai Soeder yang memerintah, Uni Sosial Kristen, Union, yang merupakan cabang Bavaria dari koalisi Kanselir Angela Merkel, menghadapi tekanan dari partai anti-migran Alternatif untuk Jerman (Alternative für Deutschland atau AfD) dalam pemilihan negara bagian 14 Oktober mendatang. [lt]